Headline News

Jokowi; Konsep Ibu Kota yang Baru Berbeda Dengan Jakarta

Presiden Jokowi mengungkapkan alasan pemindahan Ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan saat menyampaikan Nota Keuangan dan RAPBN 2020. Tak hanya itu, konsep ibu kota baru juga Ia beberkan.

Ibu kota yang baru di rancang bukan hanya sebagai simbol sebagai identitas tetapi representasi kemajuan bangsa. dengan mengusung konsep modern, smart dan green city yang memakai energy terbaru yang tidak tergantungkan oleh energy fosil.

“Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya”.

Dukungan pemindahan ibu kota sangat mungkin kecil menggunakan APBN, kita dorong partisipasi swasta, partisipasi BUMN, maupun skema badan pemerintah usaha atau KPBU.

Ibu kota dipindahkan ke tengah, yaitu Kalimantan agar Indonesia-sentris, seimbang terhadap seluruh wilayah Indonesia. Itulah mengapa Kalimantan menjadi pilihan, selain karena lahan yang luas dan relatif aman bencana.

“Pemindahan ibukota negara akan memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, juga mendorong perdagangan antar wilayah Indonesia,” ujarnya.

Adapun kriteria penentuan lokasi yang digunakan dalam menentukan calon ibu kota negara, yaitu:

  1. Lokasi strategis, secara geografis berada di tengah wilayah Indonesia;
  2. Tersedia lahan luas milik pemerintah/BUMN Perkebunan untuk mengurangi biaya investasi;
  3. Lahan harus bebas bencana gempa bumi, gunung berapi, tsunami, banjir, erosi, serta kebakaran hutan dan lahan gambut;
  4. Tersedia sumber daya air cukup dan bebas pencemaran lingkungan;
  5. Dekat dengan kota yang sudah ada, berkembang untuk efisiensi investasi awal infrastruktur, meliputi akses mobilitas seperti bandara, pelabuhan dan jalan;
  6. Ketersediaan pelabuhan laut dalam yang sangat penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim melalui konektivitas tol laut antar pulau;
  7. Tingkat layanan air minum, sanitasi, listrik, dan jaringan komunikasi yang memadai untuk dikembangkan; potensi konflik sosial rendah dan memiliki budaya terbuka terhadap pendatang; memenuhi perimeter pertahanan, dan keamanan.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close