DestinationEconomic

Jonan: Penggunaan Listrik di Tempat Wisata Melonjak Saat Lebaran

Guna memastikan pasokan listik aman saat Lebaran, Menteri ESDM Ignasius Jonan berkunjung ke Pusat Pengatur Beban (P2B) Gandul, Kamis, 15 Juni 2017. Dalam kunjungannya Jonan didampingi langsung oleh Direktur Utama PLN Sofyan Basir, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN I Made Suprateka, General Manager PLN Pusat Pengatur Beban Eko Yudo Pramono, dan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Someng.
Dalam kunjungan ini, Jonan memastikan posokan litrik aman  digunakan masyarakat. Kepastian pasokan aman ini diperoleh Jonan dari laporan dari P2B Gandul.  Amannya pasokan listrik tersebut  dikarenakan  karena konsumsi listrik saat Lebaran akan turun dibanding hari-hari biasa.

Beban puncak Sistem Jawa-Bali pada hari kerja mencapai 25.000 MW, tapi saat Lebaran tinggal 16.000 MW saja karena liburnya aktivitas industri. Namun yang menjadi perhatian Jonan adalah kosumsi listrik di daerah-daerah tertentu seperti objek wisata. Dipastikan di objek wisata kosumsi listrik akan bertambah karena objek wisata yang produknya menggunakan listirk maka konsumsi listrtik akan lebih banyak.

“Jawa memang turun, tapi Bali naik. Di samping pulang kampung, banyak orang berwisata,” kata Jonan di P2B Gandul, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Ini yang harus diwaspadai PLN. Jonan meminta BUMN kelistrikan itu lebih mewaspadai kenaikan kebutuhan listrik di daerah-daerah wisata pada musim mudik Lebaran nanti.

“Menurut informasi, (beban puncak) Jawa-Bali turun dari 24.000 MW ke 16.000 MW karena industri libur. Tapi daerah wisata di Jabar, Jateng, Jatim, Bali naik. PLN akan fokus karena pasti naik,” ujarnya.

Ia juga meminta PLN memperhatikan pergerakan masyarakat saat mudik Lebaran tahun ini, itu akan mempengaruhi beban listrik di daerah-daerah. Jonan yakin PLN dapat mengantisipasinya karena sudah ada sistem kontrol yang bagus.

“Peta pergerakan masyarakat untuk melaksanakan hajatan besar kadang-kadang berubah walau tidak banyak. Tapi PLN punya suatu control system yang bagus. Jadi mestinya enggak masalah,” pungkasnya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button