DestinationHeadline NewsTourism

Kabupaten Pasuruan Lirik Kesempatan Menjadi Destinasi Wisata Halal Indonesia

Setelah sebelumnya Lombok dan Banda Aceh sudah menobatkan diri sebagai Destinasi Wisata Halal di Indonesia. Perlahan tapi pasti packaging pariwisata dengan aroma islami seperti inipun semakin menjadi primadona di negeri kita.Sudah banyak Kabupaten/Kota yang melirik slogan Destinasi Wisata Halal sebagai ciri khas daerahnya. Bukan hal yang aneh, mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, sehingga promosi wisata halal ini justru akan memberi dampak positif bagi image Indonesia di mata dunia.

Yang terbaru, Kabupaten Pasuruan pun sudah menyiapkan diri sebagai tujuan wisata halal untuk meningkatkan kunjungan pariwisata, terutama wisatawan dari Timur Tengah. Dengan potensi besar sektor pariwisata yang dimiliki, dan dukungan masyarakat, Destinasi Wisata Halal Kabupaten Pasuruan diyakini bisa diwujudkan.

“Halal ini ikhtiar kita untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, utamanya dari Timur tengah,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, di Pendopo Ngawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kabupaten Pasuruan, Kamis (28/4).

Irsyad menyakini jika didukung penuh oleh semua SKPD terkait dan masyarakat, Destinasi Wisata Halal akan bisa diwujudkan pada 2018. Pada 2108, lanjutnya, fokus pembangunan Kabupaten Pasuruan ada pada sektor pariwisata.

“Saat ini disiapkan dulu infrastrukturnya, kulinernya, lokasi-lokasi yang dikunjungi, hotel-hotelnya dan masih banyak yang harus disiapkan termasuk branding,” jelasnya.

Salah satu upaya menuju Wisata Halal 2018 yakni merubah image kawasan wisata Tretes, Prigen. “Itu juga tidak mudah. Perlahan akan kita ubah. Sudah dibangun outlet bunga di sana untuk memamerkan semua bunga yang dihasilkan petani, seperti sedap malam, krisan, cemara dan lain-lain,” jelasnya.

Di lokasi ini, kata Irsyad, juga disiapkan wisata berkuda dan kereta gantung. “Kuda akan diperbanyak dan kami akan carikan investor untuk kereta gantung ini,” jelasnya. Tretes yang berada di lereng Gunung Arjuno akan diintegrasikan dengan Masjid Cheng Hoo dan Pasar Buah Pandaan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button