DestinationTourism

Kampung Akuarium Akan Dijadikan Kawasan Cagar Wisata Budaya Sejarah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan kembali membangun ulang kawasan Kampung Akuarium, yang berlokasi di Penjaringan,Jakarta Utara. Kampung ini, sempat digusur oleh Basuki Tjahaja Purnama (BTP) saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Anies Baswedan berencana akan membangun ulang kawasan Kampung Akuarium sebagai Kawasan Wisata Budaya Sejarah di daerah Jakarta Timur, Saat penggusuran  Pemerintah Provinsi ( Pemprov ) DKI menemukan peninggalan sejarah zaman belanda tepat di kawasana pemukiman warga yang tinggal di kawasan Kampung Akuarium.

“Nanti tempat ini benar-benar menjadi semacam kawasan wisata budaya sejarah, dari mulai Masjid Luar Batang, Pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian Kampung Akuarium, terus ke bawah sampai ke Kota Tua,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (9/10/2019).

Kampung Akuarium akan di bangun dengan konsep yang berlapis dengan pemukiman dengan posisi vertikal dengan 4 lantai.

Pemprov DKI nantinya akan meminta pendapat ahli cagar budaya untuk menata kawasan tersebut. “Semua ketentuan mengenai cagar budaya, kita akan ikuti. Jadi, dalam perencanaannya pun, kita mendengarkan warga, mendengarkan pakar cagar budaya,” kata Anies.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI akan membangun kembali Kampung Akuarium pada 2020. Kampung Akuarium akan dibangun dengan konsep rumah berlapis, yakni permukiman yang dibangun secara vertikal, namun maksimal hanya memiliki empat lantai.

“Benar (dibangun pada 2020), jumlahnya 142 unit, tipe 27 meter persegi,” ujar Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto, Selasa (8/10/2019).

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close