Lifestyle

Kebahagian Muncul Ketika Menolong Orang Lain

Anda suka memberi pertolongan pada orang lain dan apakah anda merasa bahagia ? ternyata memang memberikan pertolongan kepada orang lain tidak hanya membuat bahagia orang yang di tolong namun juga si pemberi pertolongan dapat merasakan kebahagian. Hal ini bukan omong kosong belaka karena hal ini terungkap lewat penelitian yang dilakukan oleh Oxford University di Inggris.

Jika memberikan pertolongan untuk hal yang kecil sekalipun seperti misalnya membantu orang tua menyebrangi jalan, memberikan tempat duduk bagi wanita hami di angkutan umum atau menyumbangkan harta pada yayasan amal ini bias memberikan kebahagian bagi yang melakukannya.

Dr Oliver Scott Curry yang mewakili tim peneliti membuat analisa hasil dari 21 penelitian yang melibatkan 2.500 relawan dari seluruh dunia. Penelitian tersebut mencoba untuk mengungkapkan hubungan antara hubungan berbuat kebaikan dan juga kebahagiaan.

“Menawarkan bantuan ke orang lain bisa menjadi semacam obat mujarab untuk berbagai macam penyakit sosial, mulai dari rasa terisolasi di lingkungan hingga kondisi mental dan psikologis yang lebih serius,” ujar Dr Oliver

Lebih lanjut lagi Dr Oliver menambahkan jika memang secara alamiah manusia memiliki kepedulian terhadap orang lain dan juga efek positif lainnya seperti misalnya menambah jaringan pertemanan yang terbentuk.

“Ini mungkin disebabkan karena secara naluriah kita memang peduli terhadap kesejahteraan orang lain, dan karena perbuatan baik adalah cara yang bagus untuk menambah teman baru dan membentuk hubungan sosial yang saling mendukung.” tambahnya.

Dari segi ilmu pengetahuan pun menyebutkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian dan tentunya membutuhkan bantuan dari orang lain untuk bisa menjalani kehidupan dan menyelsaikan berbagai permasalahan termasuk urusan sehari – hari dan lewat penelitian membuktikan jika berbuat baik akan memberikan efek positif tidak hanya bagi si penerima bantuan tapi juga si pemberi pertolongan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close