Eco TourismHeadline NewsTourism

Kebun Raya Bogor Hadirkan Wahana Baru “Ecodome” Berkonsep Wisata Edukasi

Pengunjung Kebun Raya Bogor kini sudah  dapat menikmati wahan baru beranama Ecodome, setelah diresmikan pada hari Senin, 11 November 2017. Peresmian dilakukan oleh Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol dan Kepala   Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PKT Kebun Raya LIPI) Didik Widyatmoko.

Wahana ini merupakan wisata edukasi tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Selain itu, wahana yang berbentuk kubah ini juga menampilkan menampilkan kegiatan pameran yang berkaitan dengan lingkungan dan iptek, ekosistem, seni, musik dan budaya.

Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol Bogor di Indonesia menjadi lokasi ketiga setelah Amsterdam, Belanda dan Philadelphia, Amerika Serikat yang disinggahi Ecodome.

“Ecodome bangunan yang unik, platform menampilkan ekosistem yang berkelanjutan. Indonesia jadi lokasi di negara berkembang pertama yang disinggahi Ecodome. Sebelumnya di Amsterdam dan Philadelphia,” kata Rob, seperti yang dikutip Antara.

Kepala PKT Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko mengungkapkan, keberadaan Ecodome diharapkan wahana ini dapat dijadikan sebagai sumber ilmu tentang pentingnya menjaga ekosistem dan lingkungan yang nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan masyarakat.

“Ecodome adalah sebuah miniatur lingkungan, di mana manusia harus menyelaraskan keberadaannya dengan alam sekitar,” katanya.

Untuk memeriahkan dan menghidupkan suasana di dalam Ecodome tersebut, pihak Kebun Raya Bogor LIPI telah memasukan wahana tersebut keadap  “Calender of Event” Kebun Raya Bogor LIPI di antaranya Festival Peduli Sampah, Hari Menanam Pohon Nasional, Hari Bumi, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, dan lain sebagainya.

Ecodome sendiri dikembangkan Nico Wissing dan Lodewijk Hoekstra dari NL Greenlabel, yang bertugas di Kementerian Urusan Ekonomi Belanda. Ide untuk membuat Ecodome ini diciptakan 10 tahun lalu, dengan menghubungi para peneliti di Fakultas Teknik Universitas Delft.

Setelah bertahun-tahun bekerja keras, akhirnya ecodome tumbuh menjadi sebuah oasis yang inovatif.. Inovasi-inovasi yang terdapat di dalam Ecodome di antaranya pintu iklim yang sehat di mana pintu tersebut dapat membersihkan 10.000m/kubik udara kotor perjam melalui sebuah saringan tertentu.

Selain itu, desain bagian luar dari Ecodome dilapisi dengan lumut, di mana lumut tersebut dapat menjaga air hujan serta menyerap bakteri dari udara. Bangunan ini kaya akan tanaman dan bunga tropis, serta bidang di tengah-tengah dome terdapat sebuah kontruksi besar tingginya 10 meter yang berwarna oranye dengan sejumlah bangku untuk duduk-duduk. Pengunjung dapat duduk dan menikmati pemandangan khusus di sini. Wahana ini dihadirkan  sebagai hadiah dari Pemerintahan Belanda dalam rangka memeriahkan 200 Tahun Kebun Raya Bogor.

Bagaimana menarik bukan wahana baru di destinasi wisata unggulan kota Bogor ini, sebagai penambah wawasan anda tentang lingkungan. Buruan kunjungi Kebun Raya Bogor, karena keberadaan Ecodome hanya satu tahun.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button