BusinessEconomicHeadline News

Kemendag Berikan Kemudahan Untuk Buyer Kunjungi TEI 2017

Pameran dagang skala internasional terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 resmi di buka oleh Presiden Jokowi  di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten, Rabu, 11 Oktober 2017. Pameran ini benar-benar dijadikan peluang emas bagi Kementerian Perdagangan (Kemendag) selaku penyelenggara untuk merangkul para buyer yang berasal dari berbagai negara.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita pun membeberkan kiat-kiat dalam menarik para buyer untuk ikut hadir di pameran ini. Kiat itu yakni Kemendag menggandeng Kementerian Luar Negeri melalui 132 kantor perwakilan RI di luar negeri, 23 atase perdagangan, 19 kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), 1 Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, serta 1 Konsul Perdagangan maupun KADIN negara-negara sahabat dalam menyebarluaskan informasi tentang penyelenggaraan TEI di mancanegara.

Cara  terus membuahkan hasil, dengan banyaknya buyer yang mendaftar untuk mengunjungi TEI antara lain datang dari Nigeria, Arab Saudi, India, Pakistan, Bangladesh, Belanda, Malaysia, Afganistan, dan Australia.

“Hingga tanggal 10 Oktober 2017 ada 7.084 permintaan terhadap produk Indonesia pada TEI 2017. Permintaan terbesar sejauh ini adalah untuk produk makanan dan minuman; produk dan jasa manufaktur; serta furnitur, furnis, dan furnitur taman,” kata Mendag, di ICE BSD, Rabu, 11 Oktober 2017.

Mendag mengatakan para buyer yang telah mendaftar itu diberi kemudahan dalam  menemukan produk yang diminati, area TEI 2017 dibagi ke dalam tujuh zonasi yaitu Pangan Nusa di Hall 1; Furniture and Furnishing di Hall 2 dan 3; Premium Products, Kementerian, dan Lembaga di Hall 3A; Strategic Industries, BUMN Goes Export di Hall 5; Manufacturing Products and Services di Hall 6 dan 7; Foods and Beverages Products di Hall 8 dan 9; dan Province Premium Products di Hall 10. Ada pula zona khusus, yaitu Zona Indonesia Design Development Center (IDDC) dan Zona Import Promotion Desk (IPD) Jerman. Sementara itu, Pavilun Kementerian Perdagangan ada di Hall 3A.

TEI merupakan ajang promosi tahunan berskala internasional yang menampilkan produk dan jasa Indonesia berorientasi pasar ekspor. Pada tahun ini TEI merupakan yang ke-32 kalinya, akan dilaksanakan pada 11-15 Oktober 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten dengan mengambil tema “Global Partner for Sustainable Resources”.Perbedaan dengan TEI tahun-tahun sebelumnya adalah pada pelaksanaan tahun ini, pembiayaan TEI sepenuhnya berasal dari pihak swasta melalui public private partnership dengan PT Debindomulti Adhiswasti.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button