DestinationTourism

Kemendes Kucurkan Dana Rp 1,5 Miliar Untuk Kembangkan Hutan Desa di Blora

 

Wisata Kedungpupur di kawasan Hutan Desa Ledok, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah,  sepertinya akan tampil cantik setelah ada signal bantuan  dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Bantuan itu berupa akan dikucurkannya anggaran pengembangan wisata sebesar RP 1,5 miliar rupiah.  Suntikan anggaran tersebut sebagai dukungan kementerian dalam upaya mensejahterakan masyarakat melalui pengembangan potensi wisata.

Sekeretaris Jenderal (Sekjen) Kemendesa PDTT Anwar Sanusi mengatakan  ada dua cara dukungan yang diberikan dalam pengembangan wisata. Yang pertama, dukungan yang sudah ada, yakni mengarahkan penggunaan Dana Desa (DD). Sedangkan yang kedua adalah dukungan yang bersifat afirmatif (kebijakan).

“Adalah dalam bentuk dukungan kepada Pemerintah Daerah, untuk mengembangkan wilayah ini dengan dana insentif dana Rp 1,5 miliar,” kata Anwar Sanusi dalam kunjungan kerjanya di Wana Wisata Migas Kedungpupur, Desa Ledok Kecamatan sambong, Sabtu, 20 Mei 2017.Anwar sepakat adanya pengembangan wisata kedungpupur karena wisata ini memiliki potensi yang bermanfaat banyak bagi masyrakat, sakah satunya soal ilmu penghetahuan.  Kalau dilihat dari sisi permintaan dan peluang sangat besar. Terutama bagi para siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mengeksplorasi minyak dan pertambangan lainnya. Dan itu bisa menambah kekayaan psikomotorik bagi para siswa.

“Disamping kekayaan kognitif yang selama ini diperoleh dari meja sekolah,” kata dia.

Wakil Bupati Blora, Arief Rohman, menyatakan, bahwa anggaran dari Kemendes PDTT bakal terealisasi tahun ini bersama dengan realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Pertamina EP Asset 4 Field Cepu sebesar Rp 500 juta. “Kami berharap, manfaatnya nanti bisa kembali ke masyarakat dan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Kawasan wisata yang berada di Desa Ledok, Kecamatan Sambong itu memadukan wisata air dan pesona penambangan minyak sumur tua. Jika konsep wisata Kedungpupur d disusun lebih matang, bukan tidak mungkin kawasan Kedungpupur akan menjadi destinasi wisata andalan di Blora.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button