BusinessTourism

Kemenpar Kolaborasi Dengan KBRI Manila Gelar Wonderful Indonesia Festival 2017

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila, Filipina menggelar acara Wonderful Indonesia Festival 2017 bertemakan Promosi Terpadu Bidang Perdagangan, Pariwisata dan Investasi 2017. Kegiatan tersebut di gelar di Gioretta Activity Center-Palm Drive Makati Filipina pada tanggal 27-28 Juli 2017 mendatang.

“Event Promosi terpadu ini even tahunan yang merupakan salah satu upaya kami tebar pesona ke Filipina untuk menjaring pasar, sekaligus membawa branding ‘Wonderful Indonesia’, untuk memasarkan paket destinasi-destinasi wisata unggulan Indonesia dan mengincar pasar Filipina yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat dalam lima tahun terakhir di era keterbukaan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEA),” jelas Deputi Pemasaran Mancangera Kemenpar I Gde Pitana yang didampingi Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Rizki Handayani.

Pitana melihat adanya potensi pasar wisatawan Indonesia dari Filipina yang cukup besar. Di tahun 2017 sendiri Indonesia menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sebesar 15 juta orang, 185.000 diharapkan berasal dari Filipina.

Kemenpar melihat potensi pasar Filipina cukup besar saat ini, dengan berbagai upaya pun dilakukan oleh Indonesia untuk bisa membuat wisatawan mancanegarau untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia.

Menurut Rizki atau yang biasa disapa Kiki mengatakan dengan Event Promosi Terpadu Bidang Perdagangan, Pariwisata dan Investasi ini mengharapkan mendorong potensi tersebut sehingga terjalin kontrak bisnis antara sellers Indonesia dengan buyers di Filipina. Apalagi bisa mendorong destinasi pariwisata Indonesia bisa semakin dikenal.

“Harapan utama, segala upaya kami mampu mendongkrak kunjungan wisatawan Filipina ke Indonesia,” kata Kiki.

Promosi Terpadu ini juga untuk memperingati 72 tahun HUT Kemerdekaan Indonesia serta menjalin Filipina sebagai salah satu pasar potensial dan bisa menjadi penyumbang surplus perdagangan Indonesia.

“Kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar 37 pengusaha di bidang perdagangan atau UKM dan Pariwisata,” katanya.

Kiki mengatakan melaluiKemenpar sendiri akan memberikan dukungan berupa Pengiriman tim kesenian yang terdiri dari 4 penari yang akan membawakan tarian dari daerah Manade dan beberapa daerah lainnya, lalu ada juga Dekorasi booth Wenderful lndenesia dengan luas 2x2m2 dan Pengiriman bahan promosi dan aneka souvenir dari seluruh Indonesia.

“Dalam promosi terpadu ini nanti, selama dua hari, selain menggelar pertemuan bisnis (B tp B meeting) antara buyers dengan sellers, akan hadir pula narasumber yang akan menyampaikan perkembangan pariwisata Indonesia, dilanjutkan dengan diskusi interaktif,” papar Kiki.

Menpar Arief Yahya sangat setuju mengenai Filipina sebagai tempat berpotensi tinggi dalam mendorong program promosi Kemenpar yang sebelumnya fokus pada branding dan advertising.

“Pameran bersifat business to customer yang memungkinkan para pelaku industri di Indonesia memperluas jejaring pasar mereka dan menawarkan paket-paket wisata Indonesia.Juga Promosi yang selama ini bertitik berat di branding dan advertising, mulai bergeser ke selling. Branding sudah dilakukan gencar di tahun pertama, Advertising digeber tahun kedua. Tahun ketiga sudah harus selling to the point,” ujar Menpar Arief Yahya.

Di tahun 2017 pemerintah sudah mematok target kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (PDB) nasional sebesar 13%. Sementara devisa yang dihasilkan sebesar Rp 200 triliun. Penyerapan tenaga kerja dipatok 12 juta, jumlah kunjungan wisman 15 juta dan pergerakan wisnus 265 juta, serta indeks daya saing (WEF) berada di ranking 40, dari posisi saat ini di ranking 50 dunia.

“Kita nomor 3 dalam hal harga yang kompetitif. Dengan USD yang sama, bisa mendapatkan fasilitas dan services yang lebih banyak. Ini salah satu poin yang menarik bagi wisman, khususnya wisman Filipina,” jelasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close