DestinationTechnologyTourism

Kemenparekraf Kenalkan 5 DPSP melalui Wonderspace by Wonderful Indonesia di Stasiun MRT Bundaran HI

Indonesia, dengan kekayaan alam dan budayanya yang melimpah, telah lama menjadi tujuan wisata unggulan. Namun, upaya untuk terus memperkenalkan keindahan dan keajaiban Indonesia kepada dunia terus dilakukan, salah satunya dengan  Wonderspace by Wonderful Indonesia, yang dihadirkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) di Stasiun MRT Bunderan HI.

Pada Sabtu, (01/06/2024), Wonderspace by Wonderful Indonesia resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Saat peluncuran, Menparekraf didampingi  Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat dan Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Titus Haridjati.

Wonderspace by Wonderful Indonesia memperkenalkan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yakni Candi Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo dengan teknologi terkini sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman mendalam tentang kelima destinasi tersebut, tanpa harus meninggalkan kota Jakarta.

Wonderspace menawarkan pengalaman yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik, dengan demikian  pengunjung dapat mengetahui dan merasakan secara virtual tentang potensi pariwisata yang dimiliki lima DPSP.

Wonderspace by Wonderful Indonesia dapat terlaksana berkat kerja sama dengan MRT Jakarta yang kini menjadi salah satu moda transportasi publik favorit masyarakat. Tidak hanya saat hari kerja bahkan saat libur pun MRT Jakarta berubah menjadi tujuan wisata.

Menparekraf mengatakan,  Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia dipilih dengan sengaja sebagai lokasi untuk Wonderspace karena kedudukannya yang strategis. Sebagai salah satu titik transportasi utama di Jakarta, stasiun ini menjadi tempat transit puluhan ribu orang.

“Rata-rata sekitar 10 ribu orang yang melintasi Bundaran HI. Jika ada 10 persen dari angka tersebut, maka diperkirakan ada sekitar 1.000 yang menikmati Wonderspace by Wonderful Indonesia,” kata Menparekraf.

Menparekraf menjelaskan, Wonderspace merupakan sebuah ruang instalasi yang menyuguhkan pengalaman imersif dengan menggabungkan antara animasi, real visualisasi, dan musik yang bisa membawa pengunjung ke tempat-tempat yang indah.

“Seperti Danau Toba, Borobudur, berasa banget ambience-nya. Lihat Labuan Bajo dan Mandalika. Kita juga masuk ke alam bawah air, di sana bertemu ikan-ikan dan penyu. Ini menjadi pengalaman yang sangat menarik dan sangat instragamable,” ujarnya.

Menparekraf berharap, kehadiran  Wonderspace by Wonderful Indonesia dapat memicu minat wisatawan lokal untuk berlibur di dalam negeri, terutama selama masa liburan sekolah. Melalui pengalaman imersif yang ditawarkan oleh Wonderspace, para pengunjung dapat merasakan keindahan dan keajaiban di lima DPSP.

Karenanya, kehadiran Wonderspace by Wonderful Indonesia memanfaatkan momen libur sekolah yang akan datang. Menparekraf Sandiaga berharap hal ini dapat mendorong lebih banyak wisatawan nusantara untuk berwisata di Indonesia aja pada saat momen liburan, terutama di lima DPSP melalui pengalaman imersif.

Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat menyatakan, “MRT Jakarta merupakan kancah lebur berbagai budaya di Indonesia.” Pernyataan ini menekankan peran penting MRT Jakarta sebagai ruang publik yang menyatukan berbagai elemen kehidupan masyarakat Jakarta, termasuk keberagaman  destinasi dan budaya yang menjadi salah satu kekayaan Indonesia.

Tuhiyat juga menegaskan bahwa MRT Jakarta, sebagai bagian dari Perseroda, akan terus membuka kesempatan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri pariwisata, dan komunitas seni dan budaya, dalam upaya memperkenalkan dan mempromosikan wisata dan budaya Nusantara.

Wonderspace by Wonderful Indonesia akan berlangsung sebulan penuh yakni mulai tanggal 1 hingga 30 Juni 2024 dan mulai dibuka pada pukul10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Pengunjung yang ingin masuk ke dalam Wonderspace tidak dikenakan biaya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button