EconomicHeadline News

Kemenparekraf Tingkatkan Kolaborasi dengan PNM, Permudah Akses Permodalan Pelaku Ekraf Cimahi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, akan berupaya meningkatkan kolaborasi dengan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai upaya untuk mempermudah akses permodalan bagi pelaku ekonomi kreatif, khususnya di Cimahi, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya ke kantor PNM Cimahi, Jumat (10/9/2021), Sandiaga mengatakan PNM sebagai BUMN yang bergerak di bidang permodalan usaha dapat mempermudah akses permodalan bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita ingin tingkatkan kerja sama dengan PNM, mungkin dalam kapasitas MoU dan perjanjian kerja sama untuk memberi akses kepada 34 juta pelaku parekraf yang butuh sentuhan bantuan permodalan dari PNM,” kata Sandiaga Uno.

Ada beberapa program milik Kemenparekraf/Baparekraf yang dapat dikolaborasikan dengan PNM. Di antaranya Kelas Keuangan, Temu Bisnis, dan pengembangan desa wisata.

“Mudah-mudahan ini semua menjadi momentum keberkahan dan semoga menjadi energi positif untuk kita semakin optimistis, bangkit dan memajukan perekonomian Indonesia,” katanya.

Selain itu, Sandiaga juga mendorong agar para pelaku ekonomi kreatif dari kalangan perempuan dan ibu-ibu untuk bergabung dengan PNM yang memiliki program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Diketahui, ada 10,8 juta pengusaha perempuan yang telah bergabung dengan program PNM Mekaar.
“Pengusaha mikro perempuan ini akan diberi dukungan tambahan dan spesifik dalam menjalankan keberlangsungan bisnisnya,” ujar Sandiaga.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis PNM, Kindaris, mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk mengembangkan UMKM di Cimahi dan Indonesia.

“Mudah-mudahan kita bisa terus berkolaborasi dan mohon dukungannya Pak Menteri,” kata Kindaris.

Menanggapi hal tersebut, Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas komitmen yang disampaikan Menparekraf Sandiaga dan Kindaris.

“Ini bentuk perhatian dari pemerintah pusat yang mana Pak Menteri memperhatikan usaha kecil dan menengah di Kota Cimahi,” ucap Ngatiyana.

Turut hadir pula dalam acara ini Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; dan Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Ahmad Rekotomo. (Sumber Kemenparekraf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button