EconomicFood

Kepala Bappenas Pastikan Program Makan Siang Gratis Masuk RKP 2025

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, memastikan bahwa program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menjadi bagian dari Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025.

Dalam pernyataannya setelah acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada Senin (06/05/2024), Suharso mengatakan bahwa program tersebut akan diintegrasikan dalam RKP 2025 karena Prabowo akan menjalankan tugas konstitusionalnya untuk melakukan pembangunan pada tahun yang akan datang.

“Program makan siang gratis akan dimasukkan ke dalam RKP 2025, sesuai dengan arahan dari presiden terpilih, Pak Prabowo Subianto,” ungkapnya.

Suharso juga menekankan bahwa semua program yang diusung oleh Prabowo akan dikaji sesuai dengan mekanisme RKP yang berlaku, dan implementasinya akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan satu program saja. Namun, prioritas akan diberikan kepada program-program yang diutamakan oleh presiden terpilih,” tambahnya.

Lebih lanjut, Suharso menjelaskan beberapa aspek yang sedang dipertimbangkan terkait dengan program makan siang gratis ini. Pertama, adalah target kelompok masyarakat yang akan menjadi penerima manfaat, yang akan ditentukan berdasarkan kriteria teknokratis.

“Kedua, frekuensi pemberian, berapa kali dalam seminggu program ini akan dilaksanakan? Ini harus dipertimbangkan dengan matang,” imbuhnya.

Kemudian, terkait dengan standar gizi dan kebutuhan kalori yang akan disediakan oleh pemerintah kepada masyarakat, Suharso menegaskan bahwa hal ini juga sedang dalam pembahasan.

“Dalam hal jenis-jenis makanan yang akan disediakan, kami akan memastikan bahwa makanan yang diberikan adalah makanan lokal yang tersedia di daerah tersebut, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” jelasnya.

Terakhir, terkait dengan pengorganisasian pelaksanaan program, Suharso menyatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan lembaga negara mana yang akan bertanggung jawab atas pelaksanaan program makan siang gratis ini.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button