Headline News

Ketum HKTI Moeldoko Resmi Lantik Pengurus DPD HKTI Sulteng Periode 2019-2024

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal (Purn) Dr Moeldoko melantik Pengurus  DPD HKTI Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) masa bakti 2019-2024 pada Jumat siang (26/2/2021). Acara pelantikan dilangsungkan secara luring dan daring.

Untuk acara luring diselenggarakan di kantor DPP HKTI di Jl. Taman Lawang No.1, Menteng, Jakarta Pusat dan dihadiri pengurus DPD HKTI Provinsi Sulteng dan tamu undangan dengan jumlah terbatas serta menerapkan protokol kesehatan.

Pembacaan  Surat Keputusan (SK) DPP-HKTI,  yang dibacakan  Sekjen DPP HKTI Mayjen Tni (Purn) Bambang Budi Waluyo, S. Sos. M.si. mengawali acara pelantikan ini. Setelah itu,  dilanjutkan dengan pembacaan  lampiran SK DPP HKTI  yang dibacakan oleh Ketua Bidang OKK HKTI Handoko, ST.

Selanjutnya,  Pembacaan Naskah Pelantikan dan Ketua Umum DPP HKTI di hadapan pengurus yang hadir, di antaranya DR. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS  (Ketua DPD HKTI Provinsi Sulteng), H. Ansar, SP, M.Si (Sekretaris), Mody Dewi (Bendahara) serta sejumlah pengurus di Bidang OKK (Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi)

Setelah pembacaan naskah pelantikan, Ketua Umum DPP HKTI menyerahkan Petaka HKTI kepada Ketua DPD HKTI Provinsi Sulteng. Penyerahan Petaka ini,  menandakan resminya pelantikan Pengurus DPD HKTI Provinsi Sulteng masa bakti 2019-2024.

Dalam sambutannya,  Ketua Umum DPP HKTI Jenderal (Purn) Dr Moeldoko mengucapkan selamat bertugas  kepada pengurus DPD HKTI Provinsi Sulteng yang resmi dilantik. 

Ada beberapa arahan yang disampaikan Moeldoko  dalam sambutannya  ini, di antaranya pengurus baru diminta untuk memperkuat konsolidasi ke  tingkat kecamatan, kelurahan, desa  hingga ke level  Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani). Hal ini penting, karena tanpa Gapoktan, HKTI tidak dapat berkontribusi lebih banyak.

Selain itu, Moeldoko yang juga sebagai Kepala Staf Kepresidenan ini,  berharap pengurus DPD HKTI Provinsi Sulteng dapat  menjalin hubungan yang intens kepada Bank-bank pemberi Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membiayai proses pertanian yang dilakukan para petani. Data yang diperoleh Moeldoko, ada Rp50 triliun yang disiapkan oleh Bank untuk KUR,  namun hingga saat setengah dari dana tersebut belum terserap.

“Anda sekarang  Bupati Morowali Utara, dengan menjadi Ketua DPD HKTI di Sulawesi Tengah  tidak lama lagi akan menjadi Gubernur, kalau pekerjaan anda di HKTi dilakukan secara optimal, karena apa, karena masyarakat kita berada di situ, masyarakat kita berada di sektor paling bawah yaitu di pertanian.,” kata Kepala Staf Kepresidenan ini.

“Jadi kalau pertaniannya disentuh dengan baik dan bagaimana caranya dioperasionalkan, khususnya yang berkaitan dengan capital. Segera hubungi BRI, BNI, Himbara itu punya program untuk KUR. Coba cari skema yang terbaik bagaimana,” tambahnya.

Tak hanya itu, pengurus DPD HKTI Provinsi Sulteng juga diminta untuk memanfaatkan teknologi pertanian yang dapat  melahirkan produk pertanian yang unggul, memanfaatkan platform digital dalam hal pemasaran produk pertanian di daerah,  serta mengajak pemuda di Sulteng menjadi petani milenial

“Ekosistem pertanian ini panjang, mulai dari riset benih, berikutnya proses tanam, berikutnya proses panen, pasca panen sampai dengan market, itu proses ekosistem pertanian. Di situlah, milenial bisa berperan dengan baik. Jadi tolong memaknai pertanian itu lebih luas bukan hanya berlumpur-lumpur. Ini sering saya katakan agar apa, agar anak-anak muda kita diberikan peran yang sangat baik dalam konteks pertanian,” ujar mantan Panglima TNI ini.

Ketua DPD HKTI Provinsi Sulteng DR. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS    mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP HKTI yang memberikan kepercayaan kepada pengurus baru DPD HKTI Provinsi Sulteng. Dokter Delis menegaskan, jajarannya jajarannya siap menjalankan arahan  Ketua Umum untuk meningkatkan sektor pertanian dan mensejahterakan petani.

“Pertama adalah kami akan segera  membentuk semua struktur di tingkat kabupaten, habis itu melakukan konsolidasi, kabupaten juga melakukan konsolidasi sampai ke tingkat Gapoktan yang ada di kecamatan maupun desa,” kata Bupati Morowali Utara yang baru terpilih ini saat diwawancarai tim liputan EL JOHN News usai acara pelantikan.

“Yang kedua bagaimana kami menjalin kemitraan dengan mitra-mitra yang lain, yang strategis dalam rangka menguatkan petani, seperti perbankan untuk memberikan permodalan bagi petani, kemudian mengoptimalkan teknologi dengan melibatkan MTani dan pihak-pihak yang lain yang dimungkinkan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan hasil pertanian dan tentunya hasil akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani,” lanjutnya.

Dokter Delis mengajak  jajarannya untuk menjadikan pelantikan sebagai momentum meningkatkan semangat demi kemajuan sektor pertanian di Sulteng.

“Pengurus yang hari ini dilantik, pengurus DPD HKTI Provinsi Sulawesi Tengah yang hari ini dilantik, kiranya pelantikan hari ini menjadi motivasi bagi kami segenap pengurus untuk bisa bekerja secara maksimal, kami bisa menjaga kekompakan dan bekerja keras tanpa pamrih dan tentunya berjuang bagi petani yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah,” tutupnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close