Culinary TourismTourism

Kopi Es Tak Kie, Kedai Kopi Sejak 1927

Copyright: Fadly Molana
Copyright: Fadly Molana

Di sebuah gang sempit di kawasan padat penduduk Glodok, Jakarta Barat, terselip sebuah kedai kopi yang telah ada sejak tahun 1927, bernama Kopi Es Tak Kie. Tak hanya usianya yang tua, keadaan kedai kopi ini juga tetap terlihat old school, dengan kursi yang terbuat dari kayu jati dan sejumlah foto hitam putih yang menghiasi dindingnya.

Saat ini Kopi Es Tak Kie dikelola oleh Latif Yulus alias Ayauw yang saat ini sudah berusia 62 tahun. Ia adalah turunan ketiga sebagai pemilik kedai kopi ini. Kakeknya yang bernama Liong Kwie Tjong adalah orang pertama yang berjualan kopi di kawasan Glodok. Saat itu belum memiliki kedai, ia berjualan kopi menggunakan gerobak. Kedai kopi ini baru ada sejak kepemilikkan beralih pada Liong Tjoen, anak dari Liong Kwie Tjong.

Tak hanya pemiliknya yang turun temurun, namun pelanggannya pun juga banyak yang turun temurun. Bahkan ada pelanggan yang sudah melanglang buana hingga ke Benua Amerika, namun selalu kembali ke kedai kopi ini. Ayauw mengaku tak banyak mengubah cita rasa kopi racikannya, namun justru itu yang membuat pelanggan selalu kembali.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button