Culinary TourismTourism

Kudapan unik dari NTT

kudapan NTT

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, di bagian barat pulau Timor. Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasa dipanggil Timor). Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Sementara bagian timur pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Leste pada tahun 2002.

Seperti halnya Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang didominasi oleh kepulauan, tiga pulau utama di wilayah ini adalah Pulau Flores, Pulau Sumba, dan Pulau Timor Barat. Sedangkan pulau-pulau lain diantaranya adalah Pulau-pulauAdonara, Alor, Babi, Besar, Bidadari, Dana, Komodo, Rinca, Lomblen, Loren, Ndao, Palue, Pamana, Pamana Besar, Pantar, Rusa, Raijua, Rote (pulau terselatan di Indonesia), Sawu, Semau dan Solor.

NTT yang dikenal dengan sebutan provinsi jagung, yang memang merupakan salah satu program dari Gubernur NTT. Dalam rangka mendukung program tersebut masyarakat NTT seharusnya juga turut mengambil bagian, salah satunya adalah dengan mengembangkan pangan local dan memperkenallan pangan local kepada masyarakat diluar NTT, apalagi ada beberapa pangan local NTT yang berbahan dasar jagung, salah satunya adalah “jagung bose”. Jagung bose adalah salah satu makanan khas NTT khususnya daratan Timor, yang di dalamnya banyak mengandung karbohidrat dan dapat dijadikan sebagai pengganti nasi.

Bukan hanya jagung, dalam “jagung bose” terdapat campuran kacang-kacangan seperti kacang tanah dan juga kacang merah atau biasa disebut dengan kacang nasi oleh masyarakat NTT, sehingga semakin menambah kandungan gizi dalam jagung bose. Kalau anda melihatnya secara langsung mungkin akan terlihat tidak biasa karena bagi kita mungkin sering melihat jagung yang di ubah menjadi pocorn atau dijadikan kue yang enak. Ini lah keunikkan yang terdapat di NTT dari pada yang lain, selain itu pernahkah anda berfikir kalau susu itu bisa di goreng, mungkin ada beberpa dari anda yang berfikir kalau hal itu tidak akan bisa nah kalau yang sekarang ini sudah bisa dan anda bisa menemukannya di pulau Rote.

Makanan ini termasuk makanan unik. Berasal dari Kepulauan Rote di Nusa Tenggara Timur, susu goreng sebenarnya merupakan makanan yang sederhana, yang hanya berbahan dasar susu kerbau dan gula semut (gula khas Rote). Katanya, cara pembuatan susu goreng ini hanya dengan memanaskan (menggoreng) susu dan gula tadi di wajan hingga mengental dan membentuk butiran-butiran. Gula dan susu ini akan berubah menjadi semacam karamel. Makanan ringan ini dijual dalam plastik-plastik mika dengan dua ukuran.

Harganya cukup mahal. Satu kotak mika kecil dihargai dengan Rp 15.000,-, sementara yang besar Rp 30.000,-. Setelah melihat hal tersebut apakah anda tertarik untuk merakan makanan yang tidak biasa ini dan pastinya anda akan kesulitan untuk menemukannya di tempat lain atau mungkin bisa jadi hanya ada di NTT saja. Kalau anda tertarik mungkin anda bisa langsung mengunjungi NTT dan menikmati enaknya kuliner dari NTT. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button