Lifestyle

Lagu anak dan perkembangan anak

1956156-lagu-anak-p

Cowboy Junior, Noah, Ungu bahkan Cita citata merupakan para musisi yang lagunya banyak dikenal masyarakat, tidak hanya bagi orang dewasa tapi anak-anak juga mengenal dan hapal lagu tersebut. Coba bandingan dengan masa lalu dimana anak-mengenal lagu potong bebek angsa, pelangi-pelangi, topi bundar dan masih banyak lagi lagu anak-anak yang bahkan saat sekarang ini tidak semua anak-anak yang tahu. Mereke lebih mengenal lagu yang bertemakan cinta, sebenarnya tidak tidak cocok dengan usia mereka yang masih terlalu dini untuk mendengarkan hal bertemakan cinta. Dulu setiap hari minggu kita akan melihat di tv acara kartun dari jam 06.00 – 11.00, namun sekarang kita saja yang sduah dewasa ini jarang menonton acara tersebut, yang ada hanya cara musik dan banyak acara yang kurang mendidik.

Bagi pakar psikologi anak, Mira .D Amir mengungkapkan di dunia musik, anak-anak belum menjadi nomor satu bagi para pelaku industri. Akibatnya, tak sedikit anak kecil yang lebih sering menyanyikan lagu-lagu dewasa yang tidak sesuai umurnya. Melihat dari hal tersebut sungguh miris rasanya karena mereka tidak mendapatkan haknya lagi selaku anak kecil. Kurangnya kesadaran dari industri terhadap lagu anak juga merupakan salah satu dampak banyaknya tingkah laku yang tidak pantas untuk ditiru anak-anak malah diperlihatkan. Anak dapat diibaratkan sebagai kertas kosong yang kita dapat tulis apapun diatasnya, jadi kalau anda menuliskan yang baik makan yang baik juga lah anak itu besarnya, tapi kalau sebaliknya malah akan membawa hal ang buruk pada si kecil. Bu Mira juga mneyarankan bagi orang tua dapat memperdengarkan lagu yang bervariatif agar si anak tidak hanya fokus terhadap lagu yang tidak mendidik.

lagu anak

Meski pun saat ini di Indonesia telah banyak artis cilik. Namun itu tidak mampu mengindikasikan bahwa banyak pula lagu anak yang dihasilakn. Kondisi ini memprihatinkan, karena para artis cilik itupun telah terkontaminasi dengan virus cinta yang ditularkan oleh para artis dan penyanyi senior lainnya. Sungguh ironis sekali jika kita melihat hal tersebut berada di sekitar kita, jadi sudah pasti menjadi peran penting bagi orang tua agar mampu menjaga anaknya dari pengaruh buruk musik dewasa. Anak-anak tentunya tidak mengerti dari seteiap lirik yang dinyanyikan tersebut dan mereka hanya mencontoh apa yang dia lihat pada lingkungan. Adapun mengenai jenis musik yang cocok bagi tumbuh kembang anak, Mira menyatakan ada beberapa kriteria yang sebaiknya dipenuhi. Pertama, melodi yang sederhana agar mudah ditiru. Kedua, lirik lagu sebagiknya menggamabarkan keriangan, motivasi, atau hal positif lainnya seperti penghargaan kepada Tuhan, alam, dan lingkungan sekitarnya.

Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting bagi perkembangan anak-anak, baik fisik, psikologi, maupun biologis. Dimana pada masa ini anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain, seperti bermain petak umpet, bongkar pasang, kelereng, boneka, dan berbagai macam permainan lainnya. Dalam bermain anak-anak berusaha untuk mendapatkan kesenangan, tanpa adanya pertimbangan hasil akhir dari kegiatan yang mereka lakukan tersebut. Didalam kegiatan bermain, tanpa kita sadari anak-anak terkadang mendengarkan lagu-lagu, baik yang mereka lihat melalui televisi ataupun yang mereka dengar melalui radio. Jadi permainan yang dulu pernah kita mainkan dulu pun sebenarnya banya lagu yang sederhana dan mudah di mengerti anak karena tidak terlalu sulit untuk dinyanyikan toh nadanya juga tidak sulit. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button