LifestyleSportsTechnology

Lebih Sejutaan Netizen Indonesia Tweet #RI71 & #OwiButetBisaEmas

Tanggal 17 Agustus 2016 lalu memang bukan hanya sebagai peringatan hari ulang tahun ke-71 Republik Indonesia saja, bagi masyarakat Indonesia kebanggaan bukan hanya dirasakan saat bendera merah putih berkibar dengan megahnya di seuruh pelosok negeri, melainkan ada rasa gembira yang tertuang tatkala atlet badminton Indonesia melalui pasangan ganda campuran, Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir, mampu menunjukkan pada dunia kualitas mereka saat meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016 mengalahkan pasangan ganda campuran asal negeri jiran, Malaysia.

Sebagai platform real-time, Twitter pun tak melewatkan kejadian historis tersebut melainkan merekam momen-momen berharga itu, melalui penghitungan percakapan netizen mengenai Kemerdekaan yang bergulir di Twitter selama 24 jam.

Dimulai dengan tanda pagar (tagar) #RI71 yang menjadi trending topic pertama di media sosial berlogo burung biru itu di HUT RI. Bahkan, Twitter mencatat tagar #RI71 sempat memasuki deretan topik yang diperbincangan di dunia, kemarin.

Momen perayaan HUT RI semakin mencapai pucaknya, ketika Tantowi-Liliyana yang akrab dipanggil Owi-Butet ini menoreh tinta emas di Rio 2016 dengan meraih medali emas. Diketahui, emas tersebut merupakan yang pertama dicapai oleh atlet badminton Indonesia lewat pasangan ganda campuran.

Peristiwa Owi-Butet meraih medali emas di penghujung 17 Agustus membuat masyarakat Indonesia berkicau di dunia maya, terutama Twitter. Setidaknya ada 1,1 juta Tweet terkait laga final badminton ganda campuran di Rio 2016.

Tagar #OwiButetBisaEmas mampu bertengger di jajaran trending topic dunia. Puncak percakapan tersebut terjadi pada pukul 00.29 WIB, Kamis, 18 Agustus 2016, dengan 5.200 Tweet per menitnya.

“Kami ingin menunjukkan bagaimana cerita dapat menjadi lebih dinamis dengan menyajikannya dari berbagai perspektif,” ungkap Partnership Manager, Twitter Indonesia, Teguh Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 18 Agustus 2016.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button