Culinary TourismCultureFoodHeadline NewsTourism

Lomba Masak Ikan Nusantara 2017, Menuju ke Istana

Dalam rangka 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini diadakan Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) 2017 untuk menjaring partisipasi Masyarakat dalam Kampanye Makan Ikan.

Presiden Joko Widodo mendorong kegiatan ini karena Indonesia harus memenangkan persaingan di tingkat global dan menjadi bangsa yang unggul. Karena itu maka usaha yang harus dilakukan adalah

  • Meningkatkan Nutrisi untuk mendapatkan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan kuat untuk berkompetisi dan unggul.
  • Sebagai negara maritim, ikan mestinya menjadi sumberu tama protein hewani dan nelayan menjadi aktor utama produksi ikan nasional.
  • Memperkuat kuliner sebagai unggulan dan ujung tombak Pariwisata Indonesia.

LMIN 2017 ini adalah bagian dari dukungan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Audisi LMIN diselenggarakan di kota yang mewakili pulau besar Indonesia: Batam (Sumatra), Gorontalo (Sulawesi), Biak (Papua), Jakarta (Jawa), dan Pontianak (Kalimantan) sepanjang bulan Juli 2017, yang diramaikan dengan acara demo masak dan tips memasak.

Dari proses audisi, dewan juri memilih 10 Finalis yang ke Jakarta untuk Final Lomba Masak Ikan Nusantara pada gelaran Taste of Indonesia, Jakarta Selatan pada tanggal 11 Agustus 2017.

Kesepuluh finalis adalah : Abdul Kadir asal Pontianak (Botok Ikan Masak Putih), Anita Attu asal Gorontalo (Iloni Burger), Endang SN asal Batam (Es Datin), Matelda F. Maryen asal Biak Numfor (Kerang Tumis Labu Kuning), Narti Buo asal Gorontalo (Ikan Santan Goroho), Non Lahibu asal Gorontalo (Woku Ikan Gabus Bambu Kuning), Ruben Jeremia asal Jakarta (Gabus Pucung Sambal Pete), Sri Ekowati asal Batam (Lontong Singkong Tongkol), Sri Sudaryani asal Batam (Lawar Cumi), dan Syamsudin asal Pontianak (Ikan Saos Kribang Daun Kesum Tabor Serundeng).

3 orang yang menjadi juara adalah :

  • Juara 1 yaitu Abdul Kadir dari Pontianak dengan menu Botok Ikan Masak Putih;
  • Juara 2 yaitu Ruben Jeremia dari Jakarta dengan menu Gabus Pucung Sambal Pete;
  • Juara 3 yaitu Narti Buo dari Gorontalo dengan menu Ikan Santan Goroho.

Selain itu, para peserta diberikan pembekalan berupa Workshop Dapur Istana pada tanggal 15 Agustus 2017. Workshop dibawakan oleh Dharmastuti Nugroho selaku Kepala Biro Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden dan dr Hanrizal Satria Sp. OT (K)-Spine selaku Dandenkes Paspampres. Dua topik yang dibawakan dalam workshop adalah ‘Prosedur Pengecekan Keamanan Makanan Presiden’ dan ‘Tata Cara Penyiapan Jamuan di Istana’. Femina juga memberikan workshop mengenai tata cara memasak di dapur profesional dan higienis masakan.

Dengan workshop ini, diharapkan para finalis dapat membawa bekal ilmu ketempat asalnya dan mendorong kuliner di daerah masing-masing

Dewan Juri yang bertugas memilih pemenang pada Penjurian Final adalah: Vindex Tengker, Chef Garuda Indonesia (VP Inflight Service) sebagai Ketua Juri Final Lomba Masak Ikan Nusantara, didampingi Dharmastuti Nugroho (Kepala Biro Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden), Johan Susmono (Ketua Pokja 3, Tim Penggerak PKK Pusat), Roy N. Mandey (Ketua Umum DPP APRINDO), dan Vita Datau (Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI). Koordinator Penjurian Chef Naldi Budhyarto (Editor Primarasa& Kepala Dapur Uji Femina).

Dengan lomba masak ini maka tingkat partisipasi masyarakat dalam kampanye ini terlihat tinggi dan antusias. Awareness tentang kuliner ikan juga menjadi tinggi. Dampaknya adalah munculnya produk kuliner  ikan unggulan daerah untuk menjadi flagship local dan mendapatkan resep-resep baru untuk ikan

Acara ini diselenggarakan oleh Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kantor Staf Presiden (KSP), serta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Femina Group (Primarasa.co.id) dan Masak.tv

Resep-resep peserta dapat dilihat di www.primarasa.co.id sementar acara memasaknya dapat dilihat di www.masak.tv .

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button