DestinationEco TourismTourism

Masuk Prioritas Nasional, Normalisasi Danau Kerinci Akan Segera Diupayakan

Melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Danau Kerinci yang berlokasi di Provinsi Jambi merupakan salah satu dari 15 danau yang masuk kedalam prioritas nasional dan akan dilakukan pembenahan serta pengelolaan karena kondisi danau yang sudah mengalami kerusakan yang cukup kritis.

Oleh karena itu, Gubernur Jambi yaitu Zumi Zola bersama DPR RI akan berupaya mendorong Kementerian terkait agar segera dilakukan perbaikan dan normalisasi terhadap Danau Kerinci.

Alhamdulillah ini merupakan perjuangan kita bersama DPR, karena sebelumnya kita terus mendorong agar Danau Kerinci segera dinormalisasi,” Ujar Zumi pada Minggu 28 Mei 2017 lalu.

Dia mengatakan bahwa beban pembiayaan yang cukup besar sehinggamembuat Pemerintah Provinsi Jambi belum mampu untuk melakukan normalisasi sendiri tehradap danau yang meurpakan kebanggaan Provinsi Jambi itu.

“Jangankan Pemkab setempat, kita saja tidak mampu, karena anggaran untuk melakukan normalisasi cukup besar, kita tidak mampu itu,” tambah Zumi.

Zumi menambahkan bahwa upaya untuk melakukan normalisasi Danau Kerinci ini dikarenakan wilayah tersebut masuk kedalam branding pariwisata yang diusung Jambi.

“Ini kalau tidak dinormalisasi akan terjadi banjir, masyarakat akan semakin rugi. Makanya selalu saya sampaikan ketika ada pertemuan bersama Kementrian terkait,” jelasnya.

Selain itu tidak hanya Danau Kerinci, Danau Sipin yang juga berlokasi di Kota Jambi juga harus didorong perbaikannya agar nantinya tidak ada lagi kerusakan akibat pendangkalan yang terjadi.

Kondisi saat ini terkait ekosistem Danau Kerinci sudah cukup mengkhawatirkan, apalagi perubahan yang dirasakan oleh nelayan setempat dari berbagai hal. Parahnya bahkan tahun lalu terjadi kasus puluhan ton ikan liar dan budidaya mati mendadak terjadi karena pencemaran air danau di kawasan tersebut.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close