Business

Memulai bisnis katringan bagi pemula

bisnis-catering-box

Untuk bisni katringan sudah banyak dan menjanjikan dimana kehidupan saat sekarang ini membutuhkan yang cepat. Setiap ada acara baik itu dikantor atau rumahan banyak sekali yang memesan katringan untuk acaranya karena kesibukan bagi warga kota yang tidak mempunyai waktu yang banyak untuk mengurusi acara. Nah dari sini lah peluang usaha katringan bisa anda manfaatkan. Permintaan terhadap katering terus meningkat selama bertahun-tahun.

Pemicunya adalah semakin meningkatnya jumlah rumah tangga berpendapatan tinggi, angka pernikahan dan acara perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa katering untuk melayani makan siang, dan pertemuan makan malam guna membangun citra dan meningkatkan penjualan perusahaan mereka.

Gaya hidup ini memberikan peluang bagi bisnis katering. Banyak ibu rumah tangga sekarang yang menggunakan jasa katering untuk menyiapkan pesta mewah dan tak terlupakan bagi para tamu mereka. Meningkatnya jumlah ibu yang menggunakan jasa katering untuk melayani pesta ulang tahun, kelulusan, serta resepsi pernikahan karena alasan sederhana. Para ibu hari ini mulai banyak yang bekerja di luar rumah sehingga tidak memiliki waktu dan energi untuk melakukan semua perencanaan pesta yang mengesankan.

Pertama yang dapat anda lakukan ketika memulai usaha ini adalah anda dapat menentukan jenis usaha rumahan katering makanan ada berbagai macam jenis usaha katering, seperti berikut ini : Katering Rumahan yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng. Katering makanan anak yaitu katering makan pagi/siang untuk Anak sekolah.

Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak. Selain itu ada juga yang namanya katering makanan sehat dan katering makanan bayi. Katering Kantoran yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor. Katering Acara Khusus / Hajatan Seperti pernikahan dan perayaan. Umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

Selanjutnya anda dapat mempersiapkan modal dalam menjalankan usaha berikut ini, untuk memulai usaha ini anda dapat memikirkan anggaran dalam produksi dan operasional yang mmeliputi dalam urusan pengantaran dan dalam membuat masakan. Hal ini yang perlu anda pikirkan dalam menjalankan usah tersebut, selain itu juga masih ada gaji karyawan karena dalam menjalankan usaha katring anda membutuhkan bantuan dari orang-orang agar anda bisa mengejar pesanan yang telah di targetkan.

Kalau anda sudah memilki modal yang cukup anda harus mempunyai skill yang baik dalam memasak agar masakan anda tetap menjadi idola bagi pelanggan anda. Untuk menekan biaya awal, Anda dapat memulai bisnis katering dengan menyewa perlengkapan memasak. Anda dapat menyewa fasilitas dapur dari bisnis yang melayani penyewaan peralatan tersebut. Jika keuangan sudah stabil Anda bisa membeli peralatan sendiri. Dengan menyewa peralatan, fasilitas, dan perlengkapan, Anda dapat menggunakan beberapa bulan pertama untuk membangun reputasi Anda, mengembangkan modal untuk investasi, perluasan dan mengevaluasi berapa banyak waktu dan uang yang ingin diinvestasikan.

Agar berhasil menjalankan bisnis katering dibutuhkan bakat dan passion dalam memasak hidangan yang lezat. Anda harus memiliki perencanaan dan menjadi manajer yang luar biasa. Anda harus sangat terorganisir, namun cukup fleksibel ketika menghadapi perubahan di menit-menit terakhir. Setelah melihat semua ini anda apakah anda ingin memulai usaha berikut ini dengan peluang usaha yang ada. Selamat mencoba dan tetap sukses ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button