DestinationHeadline NewsTourism

Mengenal Sejarah Wisata Benteng Somba Opu di Gowa, Sulawesi Selatan

Benteng Somba Opu yang berada di Kabupaten Gowa merupakan salah satu destinasi wisata yang penuh dengan saksi sejarah. Baik sejarah tentang bagaimana Indonesia merdeka maupun sejarah banyaknya kerajaan yang pernah ada di negara ini. 

Tidak hanya menjadi saksi sejarah tetapi benteng ini sekarang juga menjadi wisata edukasi bagi siapapun yang datang dan ingin mengetahui secara langsung bagaimana bentuk benteng tersebut. Selama ini masyarakat mungkin sangat sering mendengar benteng Fort Rotterdam. Tetapi Benteng Somba Opu ini juga tak kalah cantik yang letaknya tak jauh dari kota Makassar.

Dalam sejarahnya, Benteng Somba Opu ini dibangun oleh Daeng Karaeng Tumapakrisi di abad ke-16. Kemudian dilanjutkan oleh Daeng Tunipallangga Ulaweng dan memiliki luas sekitar 113.590 meter persegi. Benteng ini tidak hanya menjadi pusat pertahanan, namun juga menjadi pusat perdagangan rempah-rempah serta pelabuhan.

Namun sayangnya sejak tahun 1669, benteng ini akhirnya dikuasai oleh VOC dan kemudian dihancurkan. Mereka membiarkan benteng ini terendam ombak pasang. Barulah di tahun 1990, benteng ini akhirnya kembali dipugar serta menjadi tempat wisata yang begitu menarik perhatian.

Keunikan lain yang ditawarkan oleh Benteng Somba Opu ini yaitu adanya rumah-rumah adat yang dibangun di sekitarnya sehingga Anda bisa melihat bagaimana bentuk dan jenis-jenis rumah adat yang ada di Sulawesi. 

Keberadaan Benteng Somba Opu ini diharapkan menjadi satu destinasi wisata yang membuka mata kita akan sejarah Indonesia sebelum kemerdekaan.

Benteng Somba Opu berlokasi sekitar 6 km ke arah selatan dari Kota Makassar. Letaknya berada di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu. Tepatnya berada di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. 

Dulunya tinggi benteng ini diperkirakan mencapai 7 hingga 8 meter yang mana di dalamnya terdapat pemukiman penduduk dan juga istana raja, namun kita puing-puingnya hanya tersisa setinggi 2 meter. 

Jika Anda berkunjung ke lokasi Benteng Somba Opu ini, Anda akan melihat bahwa benteng ini terletak di lokasi yang sangat strategis. Berada di pantai dan dekat dengan Selat Makassar. Menjadi pusat perdagangan di daerah Indonesia bagian timur, sehingga tidak heran lokasi ini sangat diinginkan oleh VOC sehingga terjadilah peperangan antara Kerajaan Gowa dengan tentara VOC Belanda yang melahirkan sosok Sultan Hasanuddin.

Saat ini, di dalam Benteng Somba Opu telah dibangun sebuah kawasan argowisata yang berupa kumpulan rumah adat dari seluruh Sulawesi Selatan. Bahkan pembangunan rumah adat ini juga mencerminkan bahwa dulu ada sebuah kerajaan yang menyatukan Sulawesi Selatan dalam satu bendera sebelum akhirnya diadu domba oleh Belanda dengan bendera VOC.

Perlu juga diketahui bahwa ternyata Benteng Somba Opu ini memiliki julukan Ayam Jantan dari Timur. Julukan ini didapat oleh Kabupaten Gowa karena salah satu pahlawannya yakni Sultan Hasanuddin berhasil mengusir kedudukan Belanda yakni VOC karena ingin menguasai kerajaan Gowa waktu itu. Julukan tersebut juga bukan hanya sekadar nama melainkan memang sudah tergambar dari bentuk wilayah administratifnya yang berada di sebuah peta dan menunjukkan adanya Kabupaten Gowa.

Penulis: Yulia  Gumay

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close