AccommodationHeadline NewsTransportation

Menhub: Untuk Sementara Linsensi Terbang Qatar Airways Dicabut

Pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan Arab Saudi bersama tiga koalisinya kepada Qatar,  berbuntut pada dicabutnya lisensi terbang maskapai Qatar Airways ke Indonesia oleh Kementerian Perhubungan. Informasi dicabutnya linsensi maskapai berplat merah milik pemerintah Qatar itu disampaikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat ditemui di kompleks Istana Merdeka Jakarta, Selasa, 6 Juni 2017.

Meski Qatar Airways memberikan kontribusi banyak dalam mengangkut jemaah umroh Indnonesia, namun pencabutan sementara lisensi terbang Qatar Airways ke Indonesia harus dilakukan supaya ada kejelasan untuk penumpang. Jika kondisinya sudah pulih, maka lisensi akan diberikan kembali kepada Qatar Airways.

‎”Saya pikir sementara, karena Qatar sendiri selama ini kan memberikan kontribusi banyak. Jadi sifatnya sementara, nanti kalau ternyata ada pemulihan terutama kaitan dengan yang umroh, mungkin kita juga memikirkan untuk diberikan kembali,” ujar Menhub.

Menhub memastikan untuk jemaah umroh Indonesia yang akan menggunakan Qatar Airways tetap bisa menjalani ibadah umroh dengan pindah maskapai. Untuk perpindahan maskapai ini, Menhub mengaku sudah meminta kepada pihak maskapai yang menjadi peralihan dari Qatar Airways.

‎”Jadi gini. Kita prihatin tentang putusan itu tapi apa pun kita harus segera memberikan substitusi bagi pergerakan masyarakat tersebut. Dan kita sudah bisa menyelesaikan,” kata dia.

Menurut Menhub, jamaah umroh tersebut akan ditampung oleh Garuda Indonesia serta maskapai dari Arab Saudi dan Turki.

“Artinya beberapa yang dari Jakarta ke umroh terutama, sudah ditampung oleh Garuda dan Saudi. Yang dari Saudi ke Indonesia itu ditampung oleh Garuda, Saudi, dan Turki. Itu permasalahan yang mendasar, yang dalam koordinasi kami dengan Kemlu (Kementerian Luar Negeri), itu yang harus diselesaikan,” jelas dia.

Sementara terkait dengan turis, pihaknya juga akan mengalihkan penerbangan dengan tujuan wisata ini ke maskapai lain dari negara di sekitar Qatar. ‎

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button