Menhub Usul Harga Tiket Bandara Soetta Rp 70.000 Hingga Akhir 2018

0

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (KA Basoetta) tiba di Stasiun Sudirman Baru saat uji coba di Jakarta, Selasa (28/11). Kereta yang berisi enam rangkaian gerbong dan mampu mengangkut 272 penumpang itu akan resmi beroperasi pada 1 Desember 2017 dengan rute Stasiun Sudirman Baru - Stasiun Bandara Soekarno Hatta. MI/ARYA MANGGALA

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi angkat bicara terkait tarif tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Budi mengusulkan agar  tarif tiket kereta bandara  bertahan di posisi Rp 70.000 perperjalanan hingga akhir 2018.

Menhub menilai harga tersebut adalah harga yang ideal bagi masyarakat. “Kalau saya menyarankan tahun ini tetep Rp 70.000. Sehingga masyarakat itu menggunakan dengan harga yang baik dan bisa dibandingkan dengan waktu yang lain,” ujar Budi Karya, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jumat, 5 Januari 2018.

Mantan Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) ini mengatakan jika PT Railink masih merugi dengan harga segitu, PT Railink masih dapat mencari sela untuk meraih pemasukan lain. Seperti, PT Railink dapat memanfaatkan ruang kosong di setiap stasiun sebagai iklan untuk perusahaan lain. Nantinya pendapatan iklan tersebut masuk ke kantong PT Railink.

“Terus nanti penamaan stasiun dari sponsor, nanti Sudirman Baru jadi apa, saya denger jadi BNI City. Nanti di Tangerang, Stasiun Batu Ceper itu apa namanya. Jadi ini menjadi pendapatan yang bagus,” tutur dia.

Menhub menjelaskan setelah 2018 akan ada evaluasi mengenai harga tiket yang ditetapkan. Evaluai menyangkut soal  hitung-hitungan pendapatan  yang dilakukan PT Railink selama setahun dan juga soal komentar dari penumpang terkait dengan harga tiket ini.Namun, untuk saat ini pihaknya optimis tarif kereta Bandara Soekarno-Hatta dipatok sebesar Rp 70.000.

“Nanti lah 2019, kami evaluasi, tetapi enggak ngomong Rp 100.000,” kata dia.

Seperti diketahui, kereta Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi pada 2 Januari. Sebelumnya, pada akhir Desember kereta bandara Soekarno-Hatta melakukan uji coba operasi dengan tarif Rp 30.000. Namun, pada peresmian tarif kereta bandara menjadi Rp 70.000.

Kereta Bandara terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang.

Waktu tempuh untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan kereta bandara diperkirakan selama 54 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *