DestinationHeadline NewsTourism

Menpar Ajak Industri Sinergikan Program Pariwisata Nasional

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya selalu menyebut keberhasilan pariwisata tidak pernah lepas dari peran  Indonesia Incorporated. Dengan semangat gotong royong, semua lini ikut bekerja untuk memajukan pariwisata  nasional.  Hal tersebut disampaikan Menpar, saat ditanya oleh Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto terkait kiat-kita Menpar untuk Industri  Periwisata agar lebih bergairah dalam menjalankan roda uisahanya, dalam program wawancara eksklusif Menpar di Ruang Menteri Pariwisata, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Senin, 18 September 2017.

“Menurut Menpar hasil positif yang dicapai pariwisata dalam negeri  harus dirasakan semua pihak . Jadi  saya sering menyebut keberhasilan ini adalah karena kita gotong royong, karena Indonesia Incorporated, jadi apa keberhasilan sekarang itu pasti karena kita bersama-sama  baik itu dari akademisinya, pebisnisnya, dari pemerintah, dari komunitas  dan media. Terima kasih pada rekan-rekan dari GIPI  (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) dan seluruh anggotanya.  Hasil dari ini harus dapat dinikmati semua,” kata Menpar.

Menpar menjelaskan pihaknya siap membantu organisasi industri  pariwisata  untuk bersama-sama memajukan pariwisata nasioan yang dapat memberikan efek positif kepada para pelaku industry. Dalam wawancara ini, Menpar memberikan kiat-kiat supaya industry dalam negeri yang membidangi pariwisata tetap eksis. Kiat itu  yakni melihat pertumbuhan kunjungan wisatawan mancaneraga (wisman) ke Indonesia . Pertumbuhan kunjungan wisman ini, dapat  dijadikan momen untuk menghidupkan industry pariwisata.

“Cara paling mudah untuk meyakinkan rekan-rekan anggota GIPI, Asosiasi , para pelaku bisnis  apa manfaat yang bisa kita terima kalo kita mengikuti program-program yang sedang digalakan  sekarang yang terjadi adalah pertumbuhan. wisman kita sangat terlihat dan itu harus jadi daya tarik,” ungkap Menpar.

Selain pertumbuhan kunjungan wisman, kiat lainnya yang dilontarkan Menpar adalah mensinergikan program pemerintah dengan program para pelaku industry pariwisata. “Startegi di pemerintah yang umum yang mengakomodasi semua pihak bisa disinergikan  masing-masing pemain yang mungkin dia fokus pada pasar-pasar tertentu ,” tambar Menpar.

Pariwisata merupakan salah satu sektor industri di Indonesia yang potensial untuk dikembangkan. Berdasarkan data yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata, kontribusi sektor pariwisata terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), naik sebesar 261,05 triliun rupiah pada 2010 menjadi 461,36 triliun rupiah pada 2015. Hal ini menjadi potensi yang perlu didukung untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi negara yang akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button