Menparekraf Ajak Masyarakat Meriahkan MADA Fest 2024 di Pantai Matras, Bangka Belitung

0

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengajak seluruh masyarakat, baik lokal maupun nasional, untuk memeriahkan Matras Adat Budaya Festival (MADA Fest) yang akan digelar pada 29-30 Juni 2024 di Pantai Matras, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sandiaga menekankan pentingnya acara ini sebagai upaya mempromosikan keindahan bahari serta ragam seni dan budaya lokal.

“Saya mengajak masyarakat Kabupaten Bangka dan seluruh Indonesia untuk memeriahkan kegiatan Matras Adat Budaya Festival (MADA Fest) 2024 yang akan diselenggarakan pada 29 hingga 30 Juni 2024 di Pantai Matras, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Sandiaga.

Sandiaga berharap kegiatan MADA Fest 2024 dapat mempromosikan keindahan bahari Bangka Belitung serta menampilkan ragam seni dan budaya pesisir sebagai daya tarik pariwisata. Ia menegaskan bahwa acara ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga memiliki dampak positif pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat

“Saya berharap kegiatan ini dapat mempromosikan keindahan bahari serta ragam seni budaya melalui pesisir sebagai daya tarik pariwisata dan ekonomi kreatif,” tutur Sandiaga.

Sandiaga menambahkan bahwa MADA Fest 2024 diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya, khususnya di Kabupaten Bangka,” katanya.

Sandiaga juga mengapresiasi kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta berbagai komunitas lokal dalam penyelenggaraan MADA Fest 2024.

 “Saya ucapkan selamat atas penyelenggaraan MADA Fest 2024 sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah serta komunikasi dan komunitas Rumah Kreatif Matras dan masyarakat Matras semakin erat. Mari memajukan pariwisata ekonomi kreatif dan bersama jaga Indonesia,” ungkapnya.

Sandiaga menutup pernyataannya dengan sebuah pantun yang menggambarkan keindahan Pantai Matras dan harapannya untuk kelestarian budaya serta kemajuan pariwisata Bangka.

 “Merasakan sejuknya Pantai Matras di pagi hari sambil menyaksikan perahu nelayan melaju pada fase. Hadir lagi agar budaya lestari, dukung pariwisata Bangka semakin maju. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, terima kasih,” tutup Sandiaga.

Tahun ini, MADA Fest mengusung tema ‘Budaya Kite’. Tema tersebut dipilih karena diyakini  dapat mengangkat budaya Melayu Pesisir di Kabupaten Bangka sebagai unique selling point. 

MADA Fest merupakan kegiatan kreatif budaya yang dikemas secara kreatif dalam sebuah festival. Tahun ini, MADA Fest menghadirkan berbagai kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh masyarakat, mulai dari penampilan tari campak, silat kedidi, pasar murah, KU MADA atau forum diskusi literasi, permainan gasing, lomba mewarnai, lomba masak Lempah Kuning, parade layang-layang, live masak pembuatan Kericu, dan lainnya.

Dengan dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, diharapkan MADA Fest 2024 akan menjadi acara yang sukses, mampu menarik wisatawan, dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian lokal serta kelestarian budaya di Bangka Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *