Zulhas Yakin Partai KIM Setuju Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

0

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan alias Zulhas, mengumumkan bahwa partainya mendukung penuh mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk maju dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2024. Pernyataan ini disampaikan Zulhas saat memberikan keterangan mengenai tokoh-tokoh yang akan diusung PAN pada Pilkada 2024.

“Dalam Pilgub DKI Jakarta, saya mengusulkan Ridwan Kamil,” kata Zulhas saat ditemui di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu, (19/06/2024).

Zulhas menjelaskan bahwa dukungan terhadap Ridwan Kamil telah mendapat persetujuan dari seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Saya kira semua partai sudah menyetujui Ridwan Kamil untuk maju di Jakarta. Namun, wakilnya belum diputuskan,” tutur Zulhas. Menurutnya, meskipun Ridwan Kamil telah mendapatkan dukungan kuat, keputusan mengenai calon wakil gubernur masih dalam tahap pembahasan lebih lanjut.

Zulhas menambahkan bahwa ia tidak mempermasalahkan jika nantinya Ridwan Kamil harus bersaing dengan mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. “Namanya demokrasi, semua boleh maju,” ujarnya. Ia menekankan bahwa kompetisi dalam demokrasi adalah hal yang wajar dan sehat untuk pembangunan bangsa.

Sebelumnya, Zulhas telah mengusulkan nama Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jakarta 2024. Usulan ini disampaikan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan para ketua umum partai politik pendukung pemerintah pada Mei 2024. Pertemuan tersebut membahas strategi dan persiapan partai-partai pendukung pemerintah menjelang Pilkada 2024.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, membenarkan adanya pertemuan tersebut. Menurutnya, Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar, menyambut baik usulan tersebut. “Ridwan tentu akan mendengar dan mempertimbangkan dukungan itu,” kata Airlangga usai melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Ainul Hikmah Golkar, Jakarta, Senin, 17 Juni 2024.

Ridwan Kamil sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait pencalonannya. Namun, dukungan yang mengalir dari PAN dan anggota Koalisi Indonesia Maju menunjukkan bahwa peluang Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta sangat besar.

Partai Amanat Nasional, di bawah kepemimpinan Zulhas, terus memperkuat dukungan politiknya dengan mengusung tokoh-tokoh yang dianggap memiliki kapabilitas dan integritas tinggi. Ridwan Kamil, dengan rekam jejak sebagai Gubernur Jawa Barat, dinilai mampu membawa perubahan positif dan memajukan DKI Jakarta.

Dalam beberapa kesempatan, Ridwan Kamil telah menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan inovatif. Proyek-proyek infrastruktur dan kebijakan sosial yang ia terapkan selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat menjadi bukti nyata kemampuannya dalam memimpin daerah dengan tantangan yang kompleks.

Dengan dukungan dari PAN dan Koalisi Indonesia Maju, Ridwan Kamil diharapkan dapat membawa visi dan misi yang progresif untuk DKI Jakarta. Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024 diprediksi akan menjadi salah satu kontestasi politik paling menarik dan dinamis, mengingat potensi calon-calon yang akan bertarung dalam pemilihan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *