CultureDestinationHeadline NewsHealthy Life

Miss Earth Indonesia 2016 Ikut Bersihkan Pantai di Bali Dalam Bali Beach Clean Up

34 ribu ton sampah berhasil dikumpulkan dalam ajang Bali Beach Clean Up yang ke 10 ini. Jumlah tersebut termasuk sampah yang dikumpulkan sejak program kebersihan ini digelar pada tahun 2007 lalu.

Program yang digagas oleh Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver Indonesia ini, mempekerjakan 78 petugas kebersihan yang membersihkan sampah di lima pantai yang berada di jalur yang sama di Bali, yaitu Kuta, Legia, Seminyak, Jimbaran dan Kedonganan. Program ini juga dibantu masyarakat Bali dan wisatawan dalam membersihkan sampah-sampah yang berceceran di lima pantai tersebut.

Yang paling berkesan di acara ini adalah kehadiran Miss Earth Indonesia 2016 Luisa Andrea. Wanita cantik dan bertalenta binaan EL JOHN Pageants ini juga ikut membersihkan sampah. Kegiatan membersihkan sampah merupakan salah satu  kampanye yang sedang digalakan Andrea sebagai Miss Earth Indonesia 2016.

Dalam membersihkan sampah, sejumlah alat berat diperbantukan seperti tiga truk sampah, empat traktor pantai, serta 150 tempat sampah baru setiap tahun.

“Kami ingin menjadi bagian yang memberi solusi bagi lingkungan,” kata Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia, Kadir Gunduz, saat membuka acara Bali’s Big Eco Weekend 2017 di Pantai Seminyak, Bali, Sabtu, 29 Juli 2017.

 

Tidak hanya membersihkan, para petugas kebersihan ini, juga memberi pelatihan pada para petugas pembersih sampah pantai cara mengelola sampah, mulai dari memilah sampah hingga mengurai sampah.

60 persen yang ditemukan di sepanjang garis pantai 9,7 kilometer itu berupa sampah organik dan 30 persen plastik, 10 persen merupakan jenis sampah lainnya.

Lingkungan pantai yang bersih diyakini tidak hanya berpengaruh pada kenyamanan wisatawan, tapi, juga bagi keberlangsungan hidup penyu.

 

Program bali Beach Clean Up dikembangkan menjadi konservasi penyu Kuta Beach Sea Turtle Conservation pada 2010 setelah banyak temuan telur penyu jenis Olive Ridley di pantai yang bersih tersebut.

 

Para peserta Bali’s Big Eco Weekend 2017 diajak untuk mengembalikan seribu bayi penyu (tukik) ke laut.

 

Hingga kini, konservasi tersebut telah mengumpulkan sekitar 202 ribu telur penyu dan mengembalikan lebih dari 150 ribu ekor ke habitat aslinya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button