DestinationEco TourismHeadline NewsHealthy Life

Miss Green Tourism Indonesia 2017 Galakan Kampanye Green Tourism di Banggai

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  pemerhati lingkungan di Banggai  dan Pemerintah Kabupaten Banggai bersinergi menggelar kampanye Green Tourism di pantai Desa Tou Kecamatan Moilong Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu, 13 September 2017. Kampanye ini dikemas dalam bentuk penanaman pohon manggrove di area pantai.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupat Banggai Herwin Yatim dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).Tidak ketinggalan Miss Green Tourism Indonesia 2017 Nurul Indah Dalillah juga ikut ambil bagian dalam  kegiatan ini.

Bupati Banggai dan Miss Green Tourism Indonesia 2017 menanam pohon manggrove ditempat yang berdekatan.  Masyarakat sekitar Pantai Desa Tour dan wisatawan juga ikut menyaksikan kegiatan peduli lingkungan ini.

Pohon Mangrove  atau yang disebut degan pohon bakau ini memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup dan lingkungan panta diantaranya pohon Mangrove dapat mencegah intrusi air laut mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa dan berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia bersama dengan empat  Negara lainnya (Australia, Brazil, Nigeria, dan  Mexico) mewakili 48% dari luas hutan mangrove dunia. Berdasarkan data One Map Mangrove, luas ekosistem mangrove di Indonesia seluas 3,5juta Hayang terdiri dari 2,2juta ha dalam kawasan dan1,3juta ha di luar kawasan mangrove tersebut telah mengalami kerusakan.

Untuk itu Indonesia telah memiliki beberapa kebijakan yang diterbitkan pemerintah pusat dalam mengelola mangrove, diantaranya adalah melakukan program rehabilitasi dan restorasi hutan mangrove. Dengan kebijakan itu maka pemerintah daerah utamanya wilayahnya yang sebagai besar adalah pesisir pantai untuk melaksanakan kebijakan tersebut.

Setelah menghadirkan aksi menanam pohon mangrove , Miss Green Tourism Indonesia 2017 Nurul Indah Dalillah  melanjutkan tugasnya dengan  menghadiri Banggai Fashion Show Promosi Tenun daerah Nambo bersama pemerintah daerah, para penenun, pemerhati tenun, designer tenun daerah. Perlu diketahui Tenun daerah Nambo kesempatan dipromosikan di event  “New York Fashion 2017” yang digelar di New York Amerika Serikat. Bahkan Bupati Banggai Herwin Yatim ikut berangkat ke New York untuk memperkenalkan  tenun nambo kepada dunia.

 

.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button