MRT Jakarta Jadi Transportasi Resmi Delegasi ASEAN 2023

0

MRT Jakarta mendukung Indonesia sebagai keketuaan (chairmanship) ASEAN 2023. Dukungan tersebut diwujudkan dengan ditunjuknya MRT Jakarta sebagai “Official Transport Partner for Indonesia Chairmanship of ASEAN in 2023”. Dengan penunjukan ini, delegasi negara- negara sahabat dapat menggunakan MRT Jakarta menuju ke gedung sekretariat ASEAN yang terletak tepat di samping Stasiun MRT ASEAN atau mengunjungi tempat-tempat menarik di sepanjang jalur MRT Jakarta.

Penunjukan MRT Jakarta sebagai moda transportasi resmi ASEAN 2023 ditandai dengan peluncuran kartu Jelajah Berganda (multi trip) MRT Jakarta edisi terbatas ASEAN. Peluncuran ini

 Presiden Joko Widodo menjadi pengguna pertama kartu ini dalam perjalanannya menuju Kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta Selatan pada Selasa (08/08/2023).

Presiden Joko Widodo tiba di Stasiun Bundaran HI sekitar pukul 08.30 WIB disambut oleh sejumlah menteri, duta besar negara ASEAN, direksi, dan dewan komisaris PT MRT Jakarta (Perseroda). Selanjutnya, rombongan bertolak menuju Stasiun ASEAN di mana Presiden Joko Widodo berkesempatan langsung meninjau pameran foto sejarah perjalanan ASEAN yang digelar di area beranda peron stasiun tersebut.

“PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan Kantor Sekretariat ASEAN mengeluarkan kartu Jelajah Berganda (multi trip) edisi terbatas. Peluncuran tersebut merupakan bagian dari peringatan 56 tahun ASEAN. Kami merasa bangga bisa berpartisipasi dalam peringatan tahun ini karena dalam sejarah ASEAN, Indonesia telah empat kali memegang tongkat keketuaan ASEAN, yaitu 1976, 2005, 2011, dan 2023,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat.

Tuhiyat pun mengapresiasi semua pihak termasuk pemerintah yang telah memberikan dukungan terhadap keikusertaan MRT Jakarta dalam menyukseskan KTT ASEAN.

“Satu momen yang luar biasa menurut kami dan bangga MRT Jakarta terpilih sebagai official transport partners dalam rangka keketuaan ASEAN ini,” ucap Tuhiyat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah men-support penuh sejak awal terkait dengan ASEAN dan khususnya MRT Jakarta,” tandasnya.

Gambar yang ada di kartu ini, tambah Tuhiyat, terdiri dari foto Gedung Sekretariat ASEAN dan MRT Jakarta sebagai bentuk dukungan Indonesia terhadap kolaborasi yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN. “Kartu edisi terbatas ini dicetak sebanyak 2.000 unit dan hanya tersedia di vending machine Stasiun ASEAN.

Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa ASEAN Sekretariat merasa senang dan terhormat atas kolaborasi yang dilakukan bersama MRT Jakarta dalam peringatan 56 tahun ASEAN.

“Selain menyediakan kartu edisi terbatas ini, kami juga berkolaborasi menghadirkan pameran foto, dengan tema sejarah perjalanan ASEAN, hingga 13 Agustus mendatang di area beranda peron Stasiun ASEAN,” tambahnya.

Dengan pameran ini, ia berharap, agar masyarakat dapat lebih mengenal ASEAN. Hadirnya MRT Jakarta akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara.

Beberapa duta besar mengaku bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya naik MRT Jakarta. MRT yang ditumpangi melaju dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Dukuh Atas BNI, Stasiun Setiabudi Astra, Stasiun Istora Mandiri, Stasiun Senayan, hingga tiba di Stasiun ASEAN.

Dato’ Nur Izzah Wong Mee Choo, Duta Besar Malaysia untuk ASEAN, yang ikut dalam rangkaian mengatakan bahwa ia telah penasaran untuk menaiki MRT sejak lama. Dato’ Nur Izzah merasa istimewa karena bisa mencoba MRT pada Hari ASEAN.

“Saya merasa sangat terhormat untuk turut serta dalam acara ini. Hari ini merupakan pengalaman pertama saya untuk turun ke bawah dan menggunakan MRT. Saya tahu bahwa Halte Bundaran HI salah satu halte baru. Saya merasa sangat senang mendapat kesempatan ini, khususnya pada hari ulang tahun ASEAN,” tuturnya.

Senada dengan Dato’ Nur Izzah, Hjayceelyn M. Quintana selaku Duta Besar Filipina untuk ASEAN mengatakan bahwa ini merupakan kesempatan pertamanya mencoba MRT. Momen tersebut terasa lebih istimewa karena ia dapat menaikinya bersama dengan Presiden Jokowi dan bertepatan dengan hari ulang tahun ASEAN.

“Ini merupakan kesempatan pertama saya dan saya merasa sangat semangat dan merasa sangat terhormat bisa turut serta dengan Presiden Joko Widodo menaiki MRT untuk merayakan hari ulang tahun ASEAN,” ungkapnya. (Sumber MRT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *