MRT Jakarta Layani 11 Juta Penumpang pada Kuatal Pertama 2024

0

Sumber Foto: Instagram/mrtjkt

MRT Jakarta mencatat telah melayani sekitar 11.661.698 orang pada kuartal pertama tahun 2024. Angka ini menunjukkan rata-rata harian mencapai  96.378 orang per hari. 

Adapun tren peningkatan angka keterangkutan sepanjang 2023 sampai kuartal 1 tahun 2024 terlihat dari lima stasiun, yaitu Stasiun Dukuh Atas BNI dengan intergrasi antarmoda seperti LRT Jabodebek dan commuterline; Stasiun Bundaran HI dan Lebak Bulus Grab sebagai stasiun ujung dengan integrasi transit mitra pengumpan (feeder); serta Stasiun Blok M BCA, Istora Mandiri, dan Senayan Mastercard dengan daya tarik gaya hidup seperti event seni budaya dan pusat perbelanjaan.

“Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing). Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 22-23 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta,” tulis pihak MRT Jakarta.

Pada tahun 2024, MRT Jakarta menargetkan 92 orang per hari pada akhir tahun. Untuk mencapai angka keterangkuta tersebut, MRT Jakarta bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata. Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan.

“Lebih jauh lagi, moda pengumpan ini juga mengangkut dari kawasan hunian langsung menuju stasiun terdekat. Terbaru, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan Damri untuk menyediakan layanan pengumpan dari PIK 2 menuju Stasiun Blok M BCA,” katanya.

Sementara itu, terhitung sejak Mei 2023, waktu operasional ratangga dan stasiun saat akhir pekan yang biasanya mulai pukul 6 dan berakhir pada pukul 24.00, menjadi pukul 5 hingga 24.00 sebagai bentuk dukungan terhadap aktivitas masyarakat pada akhir pekan di sepanjang jalur MRT Jakarta. Bahkan, dalam beberapa event konser musik di sekitar Senayan dan Istora, MRT Jakarta menambah jam operasional hingga pukul 01.00 WIB.

“Sebagai bagian dari inovasi dan mengikuti tren digital oleh masyarakat, pengguna jasa MRT Jakarta dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintar untuk membeli tiket perjalanan, menggunakan poin penggunaan untuk ditukar dengan berbagai promo, bahkan menonton film dan bermain gim ponsel,” ucapnya.

“Seluruh fitur gaya hidup ini bertujuan untuk memberikan pengalaman penuh kepada pelanggan saat menggunakan layanan MRT Jakarta. PT MRT Jakarta (Perseroda) berharap agar semakin banyak masyarakat menggunakan transportasi publik sebagai moda mobilitas utama sehari-harinya,” tambahnya. (sumber: MRT Jakarta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *