LifestyleMusic

Musik Gamelan Akan Diperkenalkan di Los Angeles Melalui Film Karya Livi Zheng

Film yang menonjokan seni musik  daerah kembali akan dipertontonkan di luar negeri. Kali ini film karya  Livi Zheng yang akan diputar di Amerika Serikat pada Agustus 2017 mendatang , sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI. Livi Zheng merupakan  sutradara asal Indonesia yang menetap di Los Angeles, Amerika Serikat.

Livi memberi judul filmnya dengan   tajuk  Bali : Beats of Paradise  karena terinspirasi dari tulisan Los Angeles Time yang mengangkat tema tentang musik gamelan di film Avatar karya sutradara James Cameron.

Sejumlah musisi ternama diajak bermain dalam film ini, diantaranya   ada I  Wayan Balawan yang terkenal dengan double neck gitarnya. Kepiawaian  Wayan dalam memainkan gitar sudah tidak diragukan lagi dan bukan hanya gitar, gamelan pun ia kuasai. Wayan mulai berlajar bermain gamelan sejak kecil. Dari situlah ia memiliki konsep musik untuk mengkolaborasikan musik tradisional Bali dengan Jazz tanpa harus mengorbankan karakter masing-masing musik. Konsep Wayan pun membuahkan hasil dengan selalu tampil di konser-konser besar, seperti   konser bersama Livi Zheng pada 4 Mei 2017 lalu di Los Angeles.

Konser yang berlangsung sukses ini dihadiri ratusan penonton yang berdatangan memenuhi Don Hall (Governor of the Motion Picture Academy of Motion Picture Arts & Sciences  OSCARS, 6 terms, 18 years) dan juga dihadiri berbagai negara seperti Swis, Belgia, Thailand, dan Filipina.

Kegiatan seni yang digagas Peraih gelar Master di bidang Film and Television Production dari University of Southern California itu, tidak lepas dari peran Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles. Termasuk pembuatan Film Bali: Beats of Paradise  ini yang merupakan hasil kerjasama Livi Zheng dengan KJRI Los Angeles.

Sejumlah pihak menilai positif film karya Livi Zheng ini. Salah satunya Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi. Menurut dia produksi film “Bali: Beats of Paradise” merupakan sebuah gagasan yang inovatif.

“Bangsa Indonesia patut bersyukur karena dianugerahi tradisi, seni dan budaya yang begitu beragam dan kaya. Kesenian Indonesia mulai diintergrasikan dalam film-film Hollywood contohnya film Avatar karya James Cameron yang menggunakan gamelan Bali,” tutur dia seperti dalam keterangan persnya, Jumat.

“Saya tidak sabar menanti film Bali: Beats of Paradise karya Livi Zheng yang terbaru, yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini,” imbuh dia.

Tanggapan positif juga datang dari salah satu pengagum gamelan yang juga dikenal sebagai salah satu dari 25 bankir wanita terkuat di Amerika, Julia Gouw.

“Gamelan berperan penting di seni musik Amerika Serikat. Film-film Hollywood banyak yang menggunakan gamelan. Gamelan juga diajarkan di banyak kampus-kampus ternama di Amerika Serikat”,” kata dia.

“Saya sangat senang dan bangga bahwa film Bali: Beats of Paradise ini akan didistribusikan secara luas di Amerika. Saya berharap semakin banyak orang yang mengenal dan mempelajari kebudayaan Indonesia,” sambung Gouw. yang baru-baru ini menerima penghargaan bersama dengan Demi Lovatto.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close