BusinessEconomicHeadline NewsInvestmentTourism

Pabrik Mobil Sokon Dengan Nilai Investasi US$ 150 Juta Resmi Beroperasi

Produsen mobil asal China kembali unjuk gigi di Indonesia, Setelah Wuilung,  kini giliran PT Sokonindo Automobile yang siap memproduksi mobil-mobil jenis kendaran SUV (sport utility vehicle) berkualitas tinggi, MPV (multi purpose vehicle) dan kendaraan niaga.. Kesiapan ini ditandai dengan diresmikan pabrik PT Sokonindo Automobile di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Selasa, 28 November 2017. Peresmian dilakukan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan didampingi oleh CEO Sokonindo Alexander Barus.

Pabrik yang menempati lahan seluas 20 hektar ini, memakan investasi senilai150 juta US Dollar. Rencananya investasi akan bertambah sebesar 300 juta US Dollar untuk pembangunan engine plant. Setiap tahunnya bakal ada 50.000 mobil yang diproduksi di pabrik yang telah rampung sejak Mei 2017 ini.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya kepada investasi dan pembangunan pabrik Sokonindo ini.

“Kami mengapresiasi PT Sokonindo Automobile karena memiliki pendalaman struktur industri, mengingat bahan baku yang digunakan ini berasal dari Krakatau Steel dan menggunakan teknologi yang tinggi,” ungkap Airlangga dalam sambutan peresmian.

Proses produksi yang dikerjakan di pabrik ini diantaranya stamping, welding, painting, assembling, serta quality control. Yang menariknya parbrik ini menggunakan tingkat otomatisasi tinggi, di mana semua proses dilakukan menggunakan robot mulai dari pencetakan pelat baja, pengelasan, pengecatan perakitan serta kontrol kualitas.

“Sebagai merek baru di Indonesia, fokus kami adalah pada produk yang kami buat. Dengan memiliki pabrik berteknologi tinggi kami dapat memastikan kualitas produk-produk yang dimiliki. Ini merupakan smart factory berstandar internasional dengan tingkat kepresisian tinggi sekaligus memiliki daya saing tinggi,”
Franz Wang, Marketing Director Sokonindo, mengatakan, kalau Indonesia merupakan pasar utama bagi Sokonindo, di mana pada masa yang akan datang akan memperkenal pertama kalinya produk anyar l dengan mengusung teknologi terbaru untuk konsumen di dalam negeri.

Meski menggunakan teknologi tinggi, sisi kemanusiaan tidak akan dilupakan oleh PT Sokonindo Automobile. Perusahaan ini akan memperkerjakan 2.000 tenaga kerja langsung, belum termasuk sekitar 4.000-4.500 lainnya yang terserap pada operasional mata rantai produksi dan distribusi, mulai dari pemasok sampai jaringan dealer.

PT Sokonindo Automobile adalah perusahaan manufaktur otomotif hasil joint venture antara Sokon Group Company Limited asal Hongkong, dengan PT Kaisar Motorindo Industri dari Indonesia. Sebelumnya Sokon Group telah menjalin kerjasama dengan Dongfeng Motor Corporation produsen otomotif milik pemerintah China dan memasarkan produk bermerek DFSK.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button