Headline NewsTourism

Rakernas GIPI Hasilkan Kesepakatan Perkuat Kinerja Asosiasi Pariwisata

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) yang berakhir Senin, 28 November 2017 di Hotel Le Meridien, Jakarta,  akhirnya menghasilkan keputusan untuk menguatkan pariwisata nasional. Keputusan tersebut yakni asosiasi pariwisata yang berada dinaungan GIPI sepakat  untuk meningkatkan kualitas dan profesionalismenya untuk berbagai aspek yang akan dikerjakan kedepan.

“Dari asosiasi ini kita berumpul membentuk suatu sinergi. Trus bagaimana kita mendorong setiap asosiasi ini lebih professional di dalam menjalankan tugasnya, kemudian kita mendorong mereka untuk meningkatkan kualitasnya misalkan dari aspek destinasi itu bagaimana, standarisasi dan sertifikasi itu dilakukan,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan dan Rekreasi GIPI Agus Rochiyardi saat diwawancara tim liputan EL JOHN News, usai Rakernas.

Agus yang juga Ketua Steering Committee untuk rakernas ini,  mengatakan keputusan diambil dari berbagai masukan  dari rangkaian kegiatan yang digelar Rakrenas,  mulai Senin pagi hingga sore, 28 November 2017, di Hotel Le Meridien, Jakarta. Kegiatan itu antara lain digelarnya Forum Group Discussion (FGD) yang hadiri oleh perwakilan para perbankan.

“Kita lakukan Fokus Group Discussion mengundang orang perbankan kita mengundang orang OJK terus kita lembaga keuangan kita undang. Itu supaya apa, supaya mereka well inform dengan apa-apa yang berkaitan dengan kepentingan pariwisata bagaimana keuangan itu bisa mendukung agar pariwisata Indonesia itu bisa cepat maju dan berkembang, ujar Agus.

Agus menjelaskan setelah rakernas para asosiasi pariwisata akan membuat program kerja tahun 2018, yang mengacu pada hasil rakernas. Program kerja yang dibuat nantinya akan disesuaikan dengan program kerja pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata.

“Nanti kita akan buat program kerja GIPI itu membuat program kerja, nah program kerjanya ini akan kita sinkronkan dengan Rakornas yang diadakan Kementerian Pariwisata jadi supaya sikonron terjadi mutualisme di sini jadi saling mengisi,” ungkap Agus.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button