DestinationTourism

Pantai Sanur, tradional yang masih melekat

sanur

Apakah Anda pernah membayangkan berjalan di atas pasir pada pagi hari di sepanjang pesisir pantai sambil menunggu matahari tersenyum. Jika Anda memiliki bayangan ini dan bingung mencari pantai yang tepat, kami anjurkan Anda pergi ke pantai Sanur di Bali. Tempat ini letaknya persis di sebelah timur kota Denpasar, ibu kota Bali, di kabupaten Badung. Pantai ini lebih dahulu dikenal dibandingkan kuta. Keindahan, ketenangan dan panorama matahari terbit menjadi primadona para wisatawan yang mendambakan ketenangan. Umumnya wisatawan yang datang ke pantai ini untuk mencari alternatif pantai lain setelah kuta yang dipenuhi hiruk-pikuk para wisatawan mancanegara dan domestik.

Pantai ini memiliki panjang 3 kilometer dengan garis pantai menghadap ke timur. Pantai Sanur terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih bersih dan lembut. Disamping itu, pantai Sanur merupakan pantai yang berbatu karang sehingga memiliki kelebihan tersendiri. Ombak di pantai ini sudah termasyur diantara para peselancar dari seluruh penjuru dunia. Sanur juga terkenal dengan desa-desa yang masih tercium aroma tradisionalnya, ada juga pasar tradisional, dan pasar seni yang menjual aneka pernak-pernik khas Bali. Pantai ini juga merupakan komplek hotel, bungalow dan penginapan.

Jumlah hotel, bungalow dan penginapan di sini diperkirakan lebih dari seratus. Beberapa hotel di sini sudah dibangun sejak tahun 1940. Sanur Bali, Sanur Beach Hotel, Mercure Resort Sanur, Grand Bali Beach yang memiliki lapangan golf di areal hotelnya. Sebagian besar semua hotel berbintang yang ada di Sanur dapat dipastikan memiliki pantai sendiri (private beach) di bagian belakang hotel. Jadi jika anggaran Anda memadai, kehidupan kelas dunia pasti bisa Anda rasakan di sini. Namun jangan kawatir, hotel melati juga tersedia di sini.

Salah satu hotel yang sangat terkenal di pantai ini adalah Grand Bali Beach. Biasanya menjelang perayaan tahun baru, hotel ini sudah habis di pesan oleh para tamu baik mancanegara maupun domestik. Setiap tahunya terhitung pada 2005 lalu, Sanur Village Festival diadakan setiap tahun, tujuan diadakanya festival ini dalam rangka mengenalkan keanekaragaman pariwisata Sanur kepada para turis lokal maupun mancanegara. Festival lainnya adalah International Kite Festival yang diadakan pada bulan Juli. Pantai sanur menawarkan pemandangan matahari terbit yang menggoda, untuk bisa menikmati pemadangan ini, Anda harus bangun pada pagi hari sebelum matahari naik di ufuk timur. Sambil menunggu matahari menampakkan senyumnya, Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pesisir pantai.

 

Ketika matahari mulai naik, kegiatan di pantai ini mulai menggeliat, para wisatawan mulai berdatangan menikmati sinar matahari yang terik, dengan kondisi ombak yang tenang, pantai ini sangat cocok digunakan untuk berselancar, snorkeling, diving, kano, parasailling atau banana boat. Bahkan, bisa mencoba olahraga yang lebih menantang wind surfing. Jika Anda ingin menikmati wisata unik lainnya, menyeberanglah ke pulau Nusa Lembongan dan Nusa Penida yang dapat terlihat dari pantai Sanur. Banyak nelayan yang menyewakan perahu motor menuju Nusa Lembongan. Sanur hanya berjarak 20 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai, ada banyak taksi yang akan tertarik untuk membawa Anda ke Sanur. Jika Anda di Kuta atau legian perjalanan ke sanur memakan waktu sekitar 20 menit dengan berkendara dan sekitar 30 menit dari Seminyak atau Ubud.

 

Karena memiliki ombak yang cukup tenang, maka pantai Sanur tidak bisa dipakai untuk surfing layaknya Pantai Kuta [1]. Tak jauh lepas Pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisinya yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian. Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai Matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta. Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Bali, maka pantai Bali ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise atau Matahari terbit. Hal ini menjadikan tempat wisata ini makin menarik, bahkan ada sebuah ruas di pantai Sanur ini yang bernama pantai Matahari Terbit karena pemandangan saat Matahari terbit sangat indah jika dilihat dari sana. Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun semacam sanderan yang berisi pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu Matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button