Culture

Parade Bunga dan Budaya Warnai Hari Jadi Kota Surabaya

Hari jadi Kota Surabaya ke-724 yang jatuh pada 31 Mei 2017 diwarnai berbagai kemeriahan.

Beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kota Surabaya rutin mengadakan berbagai festival dan event selama sebulan penuh untuk menyambut hari jadi daerah yang dijuluki Kota Pahlawan itu. Salah satu yang paling ditunggu oleh masyarakat adalah Parade Bunga dan Budaya. Kegiatan ini biasa dilaksanakan mendekati tanggal 31 Mei sebagai acara puncak.

Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Parade Bunga dan Budaya diadakan pada tanggal Minggu, 7 Mei 2017.

Dibuka langsung pukul 08.00 WITA oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini, acara tersebut diikuti 75 Tim. Tidak hanya perwakilan dinas di Pemerintahan Kota, BUMN dan BUMD, berbagai lembaga, sekolah, perusahaan swasta serta komunitas turut memeriahkan parade. Terdapat 6 grup drumband yang tersebar sepanjang parade, 45 mobil hias dan 24 grup parade budaya lainnya.

Dengan peserta sebanyak itu, barisan parade Bunga dan Budaya tahun ini menjadi lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan mengular lebih dari 5 kilometer. Rute yang diambil pun juga lebih jauh, dimulai dari Monumen Tugu Pahlawan – Jalan Kramat Gantung – Kawasan Siola – Jalan Tunjungan – Gubernur Suryo – Monumen Bambu Runcing – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan Raya Darmo – dan berakhir di Taman Bungkul.

Selain masyarakat Surabaya, pengunjung pun berasal dari Kota Sidoarjo, Gresik, Krian hingga Mojokerto. Mereka hadir sejak pagi untuk menyaksikan Parade Bunga dan Budaya di kota terbesar kedua Indonesia teesebut. Ribuan masyarakat yang datang demi menikmati pertunjukan tersebut mengharuskan Pemkot menugaskan petugas Satpol PP dan Linmas untuk menjaga ketertiban. Risma pun mengingatkan para pengunjung supaya selalu menjaga kebersihan selama pawai berlangsung.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button