DestinationHeadline NewsTourismTravel

Pariwisata Indonesia Kembali Dipromosikan di Malaysia Melalui “Indonesian Street Bukit Bintang Fiesta 2017”

Promosi pariwisata Indonesia kembali dilakukan di luar negeri. Kali ini Malaysia yang menjadi sasarannya. Promosi itu bertajuk “Indonesia Street Bukit Bintang Fiesta 2017” yang digelar di pusat perbelanjaan paling populer Pavillion, Bukit Bintang. Event ini resmi dibuka Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata Handayani Mustofa, pada Jumat, 19 Mei 2017.
Menurut  wanita yang akrab disapa Yani ini, Indonesia Street adalah berbagai macam acara yang dikemas dalam satu konsep promosi pariwisata Wonderful Indonesia. “Ini akan menjadi cara terbaik dan efektif untuk mempromosikan Indonesia kepada publik Malaysia,” katanya.

Bukan tanpa alasan kenapa Bukit Bintan yang dipilih untuk menggelar event ini. Dipilihnya Bukit Bintan karena berada tepat di jantung Kota Kuala Lumpur dan merupakan pusat kerumunan massa paling ramai. “Tidak hanya masyarakat Malaysia yang berada di kawasan itu, melainkan ekspatriat,” ujar Yani.

Beberapa hal yang ditampilkan di sini, antara lain replika kapal pinisi, taman tropis, lampion, spot foto, replika rumah adat Betawi dengan hiasan ondel-ondel, hingga pameran produk khas Indonesia yang digelar di dalam mal.

Selain itu, akan ditampilkan pertunjukan seni budaya, seperti tarian khas Palembang, tari tanjidor, karnaval.

Dalam acara itu juga digelar workshop membatik, menenun, dan henna (lukis wajah), serta pembagian souvenir kepada para pengunjung yang mampir.

Menurut Yani  memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia melalui konsep Indonesia Street merupakan strategi promosi yang efektif untuk menarik kedatangan wisman ke Indonesia.

Apalagi, selama ini Malaysia merupakan negara fokus pasar wisata Indonesia yang memberikan kontribusi paling besar bagi pencapaian jumlah wisman ke Tanah Air.

Tahun ini, Indonesia memasang target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) hingga tutup tahun. Adapun Malaysia merupakan negara fokus pasar wisata utama yang ditargetkan mampu menyumbangkan 1,77 juta wisman sepanjang 2017.
Bersama Singapura dan Cina, Malaysia menjadi tiga besar penyumbang wisman terbanyak ke Indonesia.

Kegiatan promosi pariwisata nasional bukan kali ini saja di gelar di negeri jiran itu, sebelumnya pada April lalu  juga digelar  table top di tiga kota di Malaysia yakni di Seremban, Malaka, dan Johor Bahru. Table top ini dimasukan promosi paket wisata ke destinasi unggulan yang dimiliki Indonesia. ‪

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button