Travel

Paspor Order of Malta, Paspor Langka yang Hanya Ada 3 di Dunia

Sebuah paspor menjadi identitas sekaligus syarat bagi wisatawan darimanapun untuk keluar negeri. Namun tahukah anda, ada sebuah paspor langka yang hanya ada tiga di dunia. Yaitu Paspor Sovereign Military Order of Malta atau yang biasa disingkat Order of Malta. Namun perlu diketahui, paspor itu bukan dikeluarkan oleh negara melainkan sebuah ordo Katolik, mirip dengan visa diplomatik.

Order of Malta merupakan sebuah ordo Katolik Roma yang bersifat militer. Ordo ini didirikan di Yerusalem sekitar tahun 1099 dan masih ada hingga saat ini. Berpusat di Palazzo Malta Roma, ordo tersebut hadir untuk menjadi benteng bagi agama Katolik sekaligus menjadi perwakilan agama untuk membantu kaum kecil.

Menariknya, para petinggi dari Order of Malta diberi hak untuk memegang paspor khusus yang berwarna merah. Hanya tiga petinggi Order of Malta saja yang memegangnya, yakni Grand Master, Wakil Grand Master dan Kanselir Ordo.

Namun walau dikeluarkan oleh sebuah ordo lembaga agama, paspor tersebut memiliki kedaulatan dan dapat dipergunakan untuk melintasi batas antar negara. Hanya saja, tidak semua negara dapat dikunjungi oleh pemegang paspor merah langka ini. Beberapa negara seperti Inggris, AS dan Selandia Baru misalnya tidak menerima dan tidak pula mengakui keberadaan paspor tersebut.

Diketahui ada sekitar 105 negara di dunia yang mengakui kedaulatan paspor tersebut, termasuk 12 negara Schengen seperti misalnya Republik Ceko, Jerman, Spanyol, Italia, Latvia, Hungaria, Austria, Malta, Polandia, Portugal, Slovenia, Slovakia dan lainnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button