PDI-P Pertimbangkan Anies Berdasarkan Popularitas, Elektabilitas, dan Ideologi Untuk Pilkada Jakarta

0

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sedang mempertimbangkan berbagai nama untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang digelar serentak, termasuk di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Salah satu nama yang menjadi sorotan dan diperkirakan bakal diusung oleh PDI-P adalah Anies Baswedan, sosok yang pernah menjadi orang nomor satu di Jakarta.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P, Utut Adianto, menyatakan bahwa partainya sedang menimbang semua aspek terkait Anies sebelum memutuskan untuk mendukungnya.

“Setiap Pilkada tujuannya adalah untuk menang. Kami mempertimbangkan Pak Anies dari segala sisi, termasuk popularitas, elektabilitas, dan kesesuaian dengan ideologi partai,” kata Utut di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Ketika ditanya apakah Anies dinilai merepotkan bagi PDI-P dalam hal ideologi, Utut menjelaskan bahwa Anies tidak menimbulkan masalah bagi partai.

“Menurut saya, beliau sudah pernah jadi gubernur dan capres, pasti beliau memiliki nasionalisme yang kuat. Merah putihnya tidak diragukan,” ujar Ketua Fraksi PDI-P DPR ini.

Meskipun ada banyak spekulasi, Utut belum bisa memastikan apakah PDI-P benar-benar akan mengusung Anies dalam Pilkada Jakarta 2024. Keputusan akhir mengenai calon kepala daerah yang akan diusung ditentukan oleh Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri. “Rekomendasi calon kepala daerah adalah wilayah Ibu Megawati. Faktanya memang begitu,” tegas Utut.

Belakangan, sejumlah elite PDI-P menyuarakan peluang partainya mengusung Anies. Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani, menyebut Anies sebagai sosok yang menarik untuk diusung. Anies sendiri menyambut baik perhatian dari elite PDI-P. “Secara umum, saya sangat mengapresiasi. Ini sebuah kehormatan yang luar biasa,” kata Anies di Wisma Sangha Theraviada, Jakarta Selatan, Sabtu (08/06/2024).

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P DKI Jakarta telah mengirimkan surat rekomendasi pencalonan gubernur untuk Pilkada Jakarta 2024 ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Salah satu nama yang direkomendasikan adalah Anies Baswedan. Ini menunjukkan adanya dukungan internal yang cukup kuat bagi Anies di kalangan anggota PDI-P DKI Jakarta.

Keputusan PDI-P untuk mempertimbangkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta telah menimbulkan berbagai reaksi dari publik dan pengamat politik. Beberapa melihat ini sebagai langkah strategis untuk meraih kemenangan di Pilkada 2024, sementara yang lain menganggapnya sebagai langkah pragmatis untuk mendekati berbagai kelompok pemilih.

Pengamat politik, Arief Budiman, menyatakan bahwa PDI-P harus bijak dalam menentukan calon yang akan diusung.

“Mengusung Anies bisa menjadi langkah strategis jika mampu menarik suara dari berbagai kalangan. Namun, PDI-P juga harus memastikan bahwa calon tersebut dapat sejalan dengan visi dan misi partai,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *