DestinationTourism

Pemandangan Mempesona di Pantai Hunimua

Pantai-Liang-Maluku Pantai Hunimua

Wisata pantai Liang memiliki nama asli yaitu Pantai Himunia, tapi karena terletak di Desa Liang, maka masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Pantai Liang. Pantai Liang berada di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Ambon. Pantai Indah ini pernah dinobatkan oleh UNDP-PBB sebagai pantai terindah di dunia pada tahun 1999. Semenjak saat itu pantai ini mulai sangat ramai dikunjungi dan juga menjadi incaran para investor asing untuk berinvestasi di pantai ini.

Pantai Hunimua sendiri terletak kurang lebih sekitar 40 km dari pusat Kota Ambon. Pantai ini sangat mudah sekali diakses lokasinya. Jika para penelusur ingin mengunjunginya, maka para penelusur dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Para penelusur dapat naik ojek menuju ke Pantai Hanimua dengan tarif sekitar Rp 60.000 untuk sekali jalan, Para penelusur juga dapat naik Bus Trans Amboina rute Hunimua dengan tarif Rp 8.500. Namun jika para penelusur perginya rombongan, maka alangkah baiknya jika para penelusur menyewa angkutan umum dengan harga sewa sekitar Rp 200.000(harga dapat berubah sewaktu – waktu). Dan angkutan tersebut dapat memuat hingga 10 orang penumpang, jadi para penelusur akan lebih hemat.

Sebelum masuk ke Pantai Hunimua, maka para penelusur harus membeli tiket masuk dulu dengan harga Rp 15.000/orang 9harga dapat berubah sewaktu – waktu). Pantai Hunimua ini menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa cantik dengan perpaduan antara hamparan pasir putihnya yang lembut ditambah air lautnya yang sangat jernih dengan warna biru muda, semakin menegaskan bahwa tempat wisata yang satu ini sangat wajib untuk dikunjungi.

Berbagai kegiatan wisata dapat para penelusur lakukan di Pantai Hunimua ini diantaranya seperti berenang, bersantai sambil menikmati pemandangan, berjalan – jalan di pinggir pantai, berjemur, dan juga para penelusur dapat melompat dari sebuah dermaga kayu yang sangat sederhana. Namun jika para penelusur nggak punya nyali, maka sebaiknya nggak usah melakukannya. Jarak yang harus ditempuh dari Pusat Kota Ambon -+ 40 Km dengan waktu perjalanan -+ 60 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. apabila anda tidak mengunjungi pantai Liang, anda sangat rugi sekali, karena apabila anda sudah berkunjung ke pantai Liang anda pasti malas untuk beranjak dari pantai ini, hembusan angin yang sepoi-sepoi bakal membuai dan memanjakan anda, perpaduan antara kokohnya pepohonan nyiur dan pepohonan khas daerah pesisir tampak kontras dengan pesisir pantai putih yang terbentang di sepanjang bibir pantai bagaikan permadani yang elok dan lembut.

Pantai Liang akan membuat liburan anda bersama keluarga menjadi lengkap dan tidak dapat terlupakan, sehingga akan membuat anda selalu penasaran dan ingin kembali ke Pantai Liang. pantai Liang juga terletak di dekat Dermaga Penyebrangan (Ferry) yang menguhubungkan antara P. Ambon dengan P. Seram dengan menempuh waktu -+ 2 jam perjalanan. apabila anda ingin menikmati laut pantai Liang lebih lama, anda juga bisa menyewa perahu kecil (kole-kole “Ambon”) pada Nelayan yang menawarkan jasanya dengan harga yang relativ murah dan terjangkau Di Pantai Hunimua ini memang tidak terdapat aktifitas olahraga air seperti yang ada di Lombok, Lampung, ataupun Bali. Walaupun begitu, pantai ini tetap ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pantai Hunimua belum tersedia fasilitas penginapan, dan buat para penelusur yang bermalam maka dapat menginap di penginapan sekitar Pantai Natsepa. Namun jika para penelusur tetap ingin bermalam di Pantai Hunimua, maka para penelusur dapat berkemah dengan mendirikan tenda di pinggir pantai. Tetapi sebelum mendirikan tenda, para penelusur harus meminta izin kepada petugas setempat. Dan buat para penelusur yang nggak mau ribet dengan berkemah, maka para penelusur dapat menginap di rumah penduduk lokal dengan menyewa kamarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button