DestinationTourism

Taman Laut Manuala dan Taman Nasional Manusela

1410327-taman-nasional-manusela-620X310

Menjelajah ke Indonesia timur, maka kita akan disuguhi indahnya panorama alam yang masih asri dari kemurkaan manusia. Salah satunya Maluku yang terkenal sebagai provinsi dengan sebagian besar wilayahnya adalah kepulaan. Sehingga dengan banyak pantai yang cantik dan mempesona mata untuk dapat dinikami oleh masyarakat dalam mencari liburan yang jauh dari hingar-bingar rutinitas pekerjaan.

Maluku sendiri berada dalam kordinat8º 30′ – 2º 30′ Ls, dan 125º 20′ – 135º 10′ BT. Dalam sejarahnya Maluku sebagai salah satu jajahan negara Barat seperti Portugal, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Maka banyak sekali peninggalan sejarah yang menjadi saksi penjajahan yang telah dilakukan oleh bangsa Eropa. Jadi wajar apabila hingga sekarang ini, banyak Maluku yang masih memiliki kemampuan bahasa Belanda, portugis, dan spanyol sebagai bahasa sehari-hari.

Bagi sebagian besar masyarakat belum mengetahui akan kecantikan alam yang di sajikan oleh Maluku. Apalagi untuk masalah kecantikan pantai yang tidak kalah dengan keindahan yang diberikan oleh Lombok, Bali, dan Raja Empat. Karena ada beberapa pantai yang bisa menjadi tujuan untuk liburan ke pantai. Maluku masih menyimpan sejuta keindahan alam yang masih belum terjamah. Khususnya pulaunya, pantai, laut dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu destinasi wisata bawah laut yang berada di Maluku yaitu Taman Laut Manuala. Pemandangan taman laut ini sangatlah mempesona dan eksostis, bahkan masih sangat alami dan belum terjamah oleh manusia.

Menurut para penyelam yang pernah kesini, mereka mengatakan bahwa taman laut ini terbaik setelah Bunaken. Taman laut ini bisa Anda nikmati di tiga pulau yaitu, Manuala Beach, Pulau Banda dan Pulau Tiga. Keindahan bawah lautnya tidak kalah indah dengan taman laut lainnya di Indonesia Timur. Di taman laut ini Anda akan menemukan keindahan bawah laut yang beragam mulai dari terumbu karang yang eksotik, aneka satwa yang hidup selaras bahkan berdampingan secara alami. Taman laut ini bisa kalian nikmati di tiga tempat yaitu: Pulau Tiga, Manuala Beach, dan Pulau Banda. Namanya juga taman laut pasti suguhan keindahannya tak jauh-jauh dari ekositem yang ada di bawah laut. Di taman Laut Manuala ini traveler bisa menemukan keindahan terumbu karang yang eksotik, aneka satwa yang hidup selaras dan berdampingan secara indah, dan yang pasti kehidupan di bawah laut ini masih jauh sama yang namanya penjarahan ikan dan kerusakan terumbu karang.

Taman Nasional Manusela dikenal sebagai salah satu Taman Nasional yang terindah di Indonesia, dengan pemandangan alam yang cantik dan terjaga dengan baik. Serta pemandangan berbukit besar diantaranya tepi Markele, lembah Manusela, banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini seperti menjelajah hutan, panjat tebing, pengamatan satwa/tumbuhan. Dan bagi pencinta dunia bawah air atau pantai kawasan Taman Nasional Manusela ini adalah surga didalam laut. Kawasan Taman Nasional Manusela yang mencakup 20% dari keseluruhan luas pulau Seram, disini terdapatgunung Binaya yang merupakan puncak tertinggi di Maluku.

Sebagian besar kawasan ini memiliki lereng yang sangat terjal dengan lembah-lembah yang dalam. Paling tepat menikmati keindahan lembah ini dengan menggunakan kapal ketinting nelayan dan menyusuri pinggir lembah. Selain itu Kawasan Taman Nasional Manusela banyak memiliki keunikan yaitu banyaknya aneka karang laut yang indah sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving disamping itu di daerah Sawai dan sekitarnya juga dapat dinikmati pemandangan tebing Sawai yang indah atau wisata tirta yang dapat dinikmati dengan menggunakan fasilitas kapal cepat dan longboat milik Balai Taman Nasional Manusela. Pusat informasi Taman Nasional Manusela juga terdapat di Negeri Sawai tepatnya di sekitar Dusun Masihulan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button