Headline News

Pembangunan Dua Pelabuhan Di Bali Wujud Keseriusan Pemerintah Majukan Pariwisata

Infrastruktur di Bali semakin lengkap untuk mendukung sektor pariwisata. Yang terbaru adalah telah resmi dibangunnya dua Pelabuhan Baru yakni Pelabuhan Sampalan di Pulau Nusa Penida serta Pelabuhan Bias Munjul di Pulau Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.

Pembangunan ini disambut baik banyak pihak, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. Wishnutama mengatakan, Pemerintah tidak main-main dalam membangun infrastruktur,. Dua pelabuhan tersebut merupakan wujud keseriusan Pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur,  apalagi infrastruktur pendukung sektor pariwisata yang ikut andil dalam menyumbang devisa negara.

“Ke depan perubahan tren baru pariwisata sesudah pandemi COVID-19 akan bermuara pada ‘quality tourism’ atau perjalanan pariwisata yang lebih berkualitas. Dengan pengembangan infrastruktur di Bali sudah tentu akan meningkatkan kualitas pariwisata di sana,” ujarnya.

Wishnutama juga menjelaskan, salah satu strategi wisata yang baik yakni tidak hanya membangun infrastruktur, membuat konsep promosi, dan membangun sumber daya, melainkan menciptakan daya tarik wisata baru bagi pariwisata Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

“Bisnis pariwisata adalah bisnis kepercayaan. Pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif Bali harus menjalankan protokol kesehatan dengan tanggung jawab sehingga mampu membangun kepercayaan dan rasa aman bagi wisatawan,” kata Wishnutama.

Sambutan positif atas dibangunnya dua pelabuhan ini juga disampaikan Tokoh Pariwisata Nasional Martinus Johnnie Sugiarto. Johnnie mengatakan dengan pembangunan tersebut,  maka  point to point di provinsi Bali sendiri tidak lagi hanya mengandalkan jalan darat, tapi juga bisa di akses melalui kapal.

“ Bali memang membutuhkan lebih banyak infrastruktur dan fasilitas, agar lebih banyak alternatif dan lebih banyak yang bisa di nikmati oleh wisatawan, harapan saya juga dapat memperpanjang masa tinggal wisatawan di Bali dan menarik minat wisatawan dari Bali ke berbagai destinasi wisata di daerah lain, misalnya ke NTT dan NTB serta ke Banyuwangi di Jawa Timur,” kata Johnnie,

Pembangunan ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster pada Senin (3/8/2020). Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close