Headline NewsHealthy Life

Pemerintah Canangkan Vaksinasi Untuk Ibu Hamil di 10 Provinsi

Pemerintah mendeklarasikan pencanangan vaksinasi untuk ibu hamil pada Kamis (19/8/2021) di 10 provinsi di Indonesia, termasuk di DKI Jakarta. Untuk di Jakarta, vaksinasi digelar  di  halaman pendopo Balai Kota Jakarta dan ditinjau langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sementara itu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyaksikan secara virtual.

Menko Airlangga dan Gubernur Anies meninjau tahapan vaksinasi dan sempat berbincang kepada peserta vaksin Dalam perbincangan dengan peserta, Menko Airlangga  maupun Gubernur Anies menanyakan kesiapan peserta dalam mengikuti program vaksinasi ini.para peserta ini merupakan ibu hamil yang memenuhi kriteria sudah boleh menerima vaksin Covid-19. 

Vaksinasi untuk ibu hamil ini terselenggara berkat kerjasama pemerintah pusat, provinsi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI),Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), IBI dan  Salim Group.

Menko Airlangga mengatakan vaksinasi untuk ibu hamil ini sesuai arahan Presiden Jokowi agar ibu hamil ikut menjadi penerima vaksin. Seperti diketahui, Ibu hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya dengan kondisi medis tertentu. Tingginya risiko tersebut berdampak pada kehamilan dan bayinya.

“Vaksinasi bagi ibu hamil menjadi salah satu kunci menangani pandemi serta menjamin kesehatan ibu dan bayi. Dalam pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil, ditargetkan vaksinasi di 11 kota dari 10 provinsi tuntas dalam tiga bulan ini,” kata Menko Airlangga.

Adapun 11 kota yang menjadi target pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Kupang, Manado, Pontianak, Ambon, Padang, dan Pangkal Pinang. Ditargetkan dalam tiga bulan, vaksinasi dapat mencapai 3,6 juta ibu hamil.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kesehatan bangsa ditentukan oleh kematian ibu dan bayi. Oleh karena itu, menekan angkat kematian ibu dan bayi menjadi target. Melalui vaksinasi ini, Pemerintah bersama BKKBN bekerja keras agar bisa menurunkan angka kematian ibu saat melahirkan.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang rela berjuang membantu kelahiran anak-anak generasi muda di masa pandemi,” tutur Menkes Budi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menuturkan bahwa ibu hamil memiliki peran yang besar dalam rumah tangga dengan berbagai aktivitasnya. Untuk itu tentu mentaati protokol kesehatan adalah kunci utama. Dengan adanya vaksinasi ini menjadikan resiko tertular Covid-19 menjadi lebih rendah.

Gubernur Anies melanjutkan , sejak digulirkan 2 Agustus lalu, sampai hari ini sebanyak 1.754 ibu hamil di Ibu Kota sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

Selain fasilitas vaksinasi bagi ibu hamil, DKI juga meningkatkan layanan fasilitas persalinan. Saat ini puskesmas di tingkat kecamatan sudah bisa menangani kasus persalinan, selain di RSUD. ”Jadi, datang di RSUD mana pun atau puskesmas kecamatan mana pun, ibu hamil akan bisa tertangani,” kata Gubernur Anies.

Gubernur Anies juga berharap, proses vaksinasi ini bisa diperkuat kajiannya dengan studi dari berbagai kampus untuk melakukan penelitian dan monitoring atas setiap ibu hamil yang sudah mendapatkan vaksinasi. Menurutnya, hasil kajian
ini bisa menjadi landasan kuat, karena memiliki data yang komprehensif tentang vaksinasi pada ibu hamil.

“Dengan begitu, harapannya nanti, kebijakan-kebijakan yang kita buat, bisa kita lakukan lebih sesuai dengan fakta di lapangan. Jadi, kami bersyukur sekali untuk bisa memberikan kepastian bagi ibu hamil. Di sini nanti disiapkan di sebelah barat dan di Balai Kota, dan semua tempat di Jakarta akan kita siapkan untuk menuntaskannya,” tuturnya

Acara Deklarasi Vaksinasi Ibu Hamil ini dihadiri juga oleh Ketua BKKBN, Ketua IBI, Ketua POGI, Ketua KIPI, ITAGI dan sejumlah Gubernur dari Provinsi di Indonesia secara virtual.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close