Pemerintah Percepat Digitalisasi Pelabuhan di Indonesia Timur

0

Kementerian Perhubungan terus menggenjot penerapan digitalisasi di seluruh pelabuhan di Indonesia khususnya kawasan timur Indonesia.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H. Purnomo menegaskan digitalisasi layanan mutlak dilakukan agar pelabuhan-pelabuhan di wilayah timur bisa memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian dalam kerangka program Tol Laut.

“Kita punya pekerjaan rumah, bagaimana agar semua pelabuhan yang disinggahi kapal harus bertumbuh ekonominya, terutama pelabuhan-pelabuhan di timur. Saatnya mengoptimalkan digital, karena saat ini sudah era digital,” katanya di Makassar baru-baru ini.

Menurut dia, hal tersebut tidak hanya menjadi tanggungjawab operator pelabuhan, tetapi membutuhkan seluruh pihak maupun instansi yang memiliki andil terhadap layanan kepelabuhanan secara menyeluruh.

Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh pelabuhan yang disinggahi kapal di wilayah timur bisa efesien dan terukur pada sisi pelayanan sehingga memiliki efek berganda terhadap perekonomian setempat.

“Seluruh instansi di pelabuhan agar lebih solid dengan semangat sinergitas yang berorientasi pada penciptaan layanan kepelabuhanan yang maksimal,” tandasnya.

Dia menyebutkan, layanan kepelabuhanan yang maksimal akan membuat ongkos logistik yang lebih efesien dan kompetitif dengan konsep Tol Laut.

“Karena tujuan Tol Laut, supaya semua barang kebutuhan masyarakat bisa tersebar di seluruh Indonesia dengan harga yang masih pantas. Tentunya, kita semua berharap agar negeri ini bisa bersaing dengan negeri yang lain,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *