DestinationLifestyleTourismTransportation

Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Kemarin

Setelah cukup sukses dalam membantu masyarakat dalam program Mudik Gratisnya tahun lalu. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program Mudik Gratis untuk musim Lebaran 2016 ini. Mudik gratis ini akan menggunakan kuota 24 ribu penumpang.

Berdasarkan informasi dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, seperti tahun sebelumnya, mudik gratis berlaku untuk pemudik sepeda motor dengan menggunakan bus. Pendaftaran dibuka mulai hari Jumat (13/5).

“Pendaftaran secara online melalui portal mudikgratis.dephub.go.id dibuka pada 13 Mei 2016 sampai dengan 12 Juni 2016. Sedangkan pendaftaran offline mulai dibuka pada 16 Mei 2016 sampai dengan 12 Juni 2016,” kata Kabiro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hemi Pamurahardjo.

Beda dari tahun sebelumnya di mana calon pemudik mendatangi kantor Kemenhub, tahun ini Kemenhub akan melakukan jemput bola dengan membuka booth-booth di beberapa titik keramaian Ibu Kota.

“Untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran online, jangka waktu verifikasi dokumen maksimum 3 hari, apabila pendaftar tidak melakukan verifikasi maka slot kuota akan dilepas dari booking online dan diharuskan mendaftar ulang,” terang Hemi.

Lokasi verifikasi online yang tersedia yaitu di Kantor Dishub Tangerang, Kantor Dishub Tangerang Selatan, Kantor Dishub Depok dan Kantor Dishub Kota Bekasi.

“Sedangkan untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran secara offline diharapkan langsung membawa kelengkapan dokumen untuk mempermudah proses pendaftaran,” jelas Hemi.

Persyaratan yang harus dipenuhi calon pemudik antara lain sepeda motor harus dalam keadaan orisinil dan layak jalan di mana STNK dan pajak kendaraan dalam keadaan hidup (dilunasi), serta membawa identitas diri (KTP, KK, STNK, dan SIM).

Ada 9 kota tujuan arus mudik, terdiri dari Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Sedangkan untuk arus balik, terdapat 3 kota tujuan terdiri dari Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Tanggal keberangkatan arus mudik untuk sepeda motor ditetapkan pada 1 Juli 2016 dan penumpangnya pada 2 Juli 2016. Sedangkan untuk arus balik, sepeda motor diberangkatkan dari kota tujuan pada 16 Juli 2016 dan penumpangnya pada 17 Juli 2016.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button