Headline News

Peneliti Switzerland Kembangkan Printer ‘Ajaib’

Coba Anda buka link Youtube ini.

Jika Anda tahu kartu-kartu dengan hologram 3 dimensi yang gambarnya berganti-ganti ketika posisi kartu diubah peneliti di École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL), Switzerland akan menghadirkan nostalgia Anda dengan ilusi optik pada kartu-kartu itu. Para peneliti percaya, teknologi ini dapat digunakan sebagai bentuk tambahan keamanan di paspor atau uang kertas.

Dirangkum dari  Digital Trends, para peneliti sedang mengembangkan  teknik pencetakan inject 2 dimensi, yang menampilkan satu gambar, ketika material tersebut digenggam tegak, dan menunjukkan gambar lainnya, ketika material tersebut diputar.

Teknologi tengah ‘mengeksploitasi’ pencetakan inkjet, yang menggunakan sekumpulan titik kecil dari tinta berwarna yang berbeda untuk membuat gambar tonal. Dalam teknik EPFL, tinta dicetak sepanjang garis pada lembar metalik yang menampilkan warna yang berbeda, tergantung pada bagaimana logam itu digenggam.

Ketika cahaya melintasi garis tinta cetak, beberapa warna muncul sebagai “warna kuat”, sedangkan warna lainnya dilihat sebagai “warna lemah.” Ketika lembaran logam diputar, perubahan bayangan menyebabkan warna lemah untuk tampil kuat dan warna kuat menjadi lemah.

Sejauh ini, metode pencetakan hanya berfungsi pada material logam, yang dapat membuat arah bayangan ketika cahaya menyentuh permukaan. Teknik yang sama ini belum bisa berfungsi baik jika dicetak di kertas.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button