Headline NewsTechTechnology

Perkuat Kolaborasi Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan, ABDI Akan Gelar DataSecureAI 2021

Guna memperkuat kolaborasi kementerian dan lembaga untuk implementasi dan pemanfaatan teknologi kecerdasan (AI) di Indonesia, Asosiasi Big Data & AI (ABDI) akan menggelar DataSecureAI Web Summit  2021. Event ini dilangsungkan selama dua hari pada tanggal 30 Maret 2021 dan 1 April 2021.

Di hari pertama, tema yang diangkat yakni  “Privacy Data Protection and Data Governance”. Sementara untuk hari kedua, mengambil tema “Data, Clouds, Cyber & AI Security Driven Technology & Ecosystems”

Ketua Umum ABDI DR Rudi Rusdiah mengatakan Kedua Sesi akan dilaksanakan secara virtual ini untuk  mendorong percepatan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial  (AI), Big Data, dan Analytics di Indonesia melalui kolaborasi antar stakeholder pada Sesi Hari kedua, sedangkan  pada sesi Hari Pertama, BRI dan BSSN ingin meningkatkan insight terkait dengan regulasi dan tata kelola Data, Clouds, Siber, termasuk Draft RUU Perlindungan Data Privasi yang sudah masuk Prolegnas 2020 dan 2021 dan diharapkan menjadi UU 2021 ini.

“Melalui acara DataSecureA ini kami ingin menjalin kerja sama serta kolaborasi kementerian dan lembaga untuk implementasi dan pemanfaatan AI di Indonesia. Apalagi yang kita ketahui bahwa Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah menjadi solusi permasalahan di banyak bidang,” ungkap Ketua Umum ABDI DR Rudi Rusdiah kepada media beberapa waktu lalu.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,  perusahaan  harus mampu menggenjot berbagai langkah yang inovatif  menjuju transformasi digital

DataSecurAI 2021 merupakan acara Summit terbesar yang membahas tentang artificial intelligence (AI), Data Analytics, Cloud,  Cyber Security, Driven Technology dan Ecosystems. “Data SecureAI 2021, kami  menghadirkan  pembicara Domestik maupun dari luar negeri yang akan membahas seputar  isu-isu strategis terutama didunia AI, Security,  Financial dan Monetary Perbankan yang  semakin gencarnya melakukan transformasi  digital,” tegas Rudi Rusdiah.

Menurut Rudi, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian, akan membahas mengenai Deteksi dan Keamanan Siber yang menjadi semakin penting terutama di era Pandemi Covid 19 dimana semakin banyak pekerjaan diperkantoran yang harus diselesaikan di rumah, sehingga menambah rentan Aset Data Perusahaan yang kini tersebar di dunia maya dan lebih mudah di intercept (disadap) oleh hackers. Apalagi untuk jenis pekerjaan seperti perbankan, asuransi dan finansial.

Diketahui, BSSN punya Indeks KAMI dalam memitigasi dan menekan resiko keamanan dunia siber. Begitu  pun juga dengan materi  Indra Utoyo selaku  Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), membahas   Tantangan bank adalah di risk management business, sehingga bagaimana artificial intelligence (AI) membantu supaya efektif dan efisien. Karena, pola ancaman di era digital makin meninglat dan resikonya makin kompleks.

DataSecureAI 2021  akan  berlangsung selama dua  hari dimana seluruh partisipan dapat mengikuti beragam aktivitas yang tersedia, diantaranya workshop dan talkshow  dari para pembicara yang handal di bidangnya, seperti Intan Rahayu, Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional Badan Siber dan Sandi Negara  (BSSN), Anung Herlianto, Direktur Eksekutif Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK, Shinta Indriyaty Thio (Bank BRI), Yoga Adrian Kaunang (Acer Indonesia), dan Sinta Rosadi (UNPAD). Acara Day 1 eHal BRI  akan dimoderatori oleh Heru Sutadi, (ICT Institue)

Seperti tidak cukup disitu, pada hari kedua DataSecureAI 2021 , menghadirkan deretan  pembicara  Rektor Universitas Pertahanan, Laksmana Madya Amarulla Octavian, Rektor Universitas Pertahanan, Hammam Riza, Kepala BPPT, Ismamuradi, (Cyber Security Malaysia). Adapula Ginanjar (Lintasarta), Ryzal Akbar (Telkom), Febby Sallyanto (XL)  . Selain itu juga  hadir  Adi Prananto (Universitas Teknology)  dan  Fransicus Indromojo  (Microsoft APAC).  Acara Day 2 eHal ABDI akan   dimoderatori  Saryana Sudirapraja (Sekjen ABDI).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close