Headline News

Pesan Hardiknas, Kepala LLDIKTI III Berharap Untar Berkontribusi Penuhi Kebutuhan Talenta Digital Tahun 2035

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) Dr. Ir. Paristiyanti  Nurwardani, M.P. menitipkan pesan kepada Universitas Tarumanagara (Untar) di saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) . Pesan tersebut yakni  diharapkan Untar  dapat  menyiapkan talenta digital  melalui mahasiswa binaannya.

Menurut Paristiyanti, hal tersebut dilakukan agar kebutuhan 9 juta talenta digital yang ditargetkan pemerintah dapat terpenuhi pada tahun 2035 mendatang.

“Kami titipkan kepada seluruh mahasiswa Untar,  pada 2035 Indonesia akan menjadi negara dengan kebutuhan talenta digital 9 juta orang.  jadi siapapun mahasiswanya, apapun program studinya, please Ikuti apa yang disampaikan oleh pak rektor dan ketua Yayasan serta seluruh dosen bahwa kompetensi digital harus ada di tangan saudara khususnya terkait dengan Artificial Intelligence (AI),” kata Paristiyanti saat menyampaikan sambutannya pada acara Halalbihalal dan peringatan Hardiknas yang diselenggarakan Untar di Auditorium Kampus Untar, Selasa (02/05/2023).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Jakarta Barat Kombes Pol. M.  Syahduddi, S.I.K., M.Si., perwakilan Dandim 05/03 Jakarta Barat Mayor Infanteri Manatap  Rajagukguk, S.E., M.H., Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., AE   dan jajaran pimpinan Yayasan Tarumanagara.

Paristiyanti yakin Untar dapat berkontribusi lebih besar  dalam mempersiapkan talenta digital. Prestasi secara marathon yang diraih Untar , menjadi pedoman Untar untuk mewujudkan harapan pemerintah,  bahkan masih ada prestasi lain yang dicapai oleh Untar.

“Untar  punya bintang tiga dari QS ranking, kini Untar sukses berada di tiga universitas swasta terbaik tahun 2023 di Asia dan sekarang tiba-tiba sudah menjadi bintang 4. Saya tadi bisik-bisik sama Pak wakil ketua Pembina Pak Nanda, kayaknya sih enggak akan ada satu tahun lagi deh Untar sudah dapat bintang 5 dari QS ranking di Asia,” ujar Paristiyanti.

Paristiyanti mengungkapkan  prestasi tersebut tidak lepas dari kehadiran  Yayasan Tarumanagara. Paristiyanti menyebut Yayasan Tarumanagara menjadi tak pernah putus dalam mendukung terobosan-terobosan yang dilahirkan Untar

“Awalnya Untar baru punya  bintang 3 dari QS ranking di Asia sekarang tiba-tiba sudah menjadi bintang 4.  Saya tadi bisik-bisik sama Pak wakil ketua Pembina pak Nanda,  kayaknya sih enggak akan ada satu tahun lagi deh Untar sudah dapat bintang 5 dari QS ranking di Asia,” ungkap Paristiyanti.

Sementara itu, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., AE    bersyukur atas capaian yang diraih Untar. Menurut Prof. Agustinus, capain tersebut bukan karena kerja sendiri namun berkat kolaborasi yang kuat dengan mitra Untar.

“Kami bersyukur,  karena Untar Terus dapat menjalankan tugas pelayanan sebagai lembaga kepentingan pendidikan tinggi dengan berbagai macam capaian yang tentu Bapak Ibu sudah mengikuti perkembangannya dari berbagai media yang disampaikan oleh para teman-teman media maupun juga dari media yang dikeluarkan Untar seperti  medsos website dan seterusnya. Nah capaian-capaian dari diperoleh unta ini tentu tidak bisa dikerjakan sendiri. Ini adalah kerja luar biasa, sinergi antara semua Mitra Untar,” terang Prof Agustinus.

Pada peringatan Hardiknas ini, digelar pemberian penghargaan kepada  dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik berprestasi. Mahasiswa yang mendapat penghargaan adalah yang berhasil meraih prestasi baik akademik  maupun nonakademik di tingkat nasional maupun internasional. Penerima penghargaan tersebut di antaranya Karmenia Jessica Kurnia Niaga dan Eldy dalam PCC East Asian Medical Students  Conference 2023: Nepal Scientific Poster Category, Denis Marchello dan Jessica sebagai juara  pertama dalam 3rd Asia Pacific Conference on Industrial Engineering and Operations Management,  Esperansya Desmonda Woen sebagai Best Speaker dalam ICAEW Indonesia Business Challenge  2023, serta Jhon Michel dan Ravi Hardian yang meraih medali emas dalam World Invention  Technology Expo 2022. Totalnya ada 149 mahasiswa berprestasi yang mendapat penghargaan Untar  di Hardiknas ini.

Sementara itu, untuk acara Halalbihalal tahun ini mengangkat “Untar untuk Indonesia: Rayakan Kemenangan dalam Kebersamaan  Meraih Prestasi” dengan menampilkan Kebudayaan Riau yang dikemas dengan pertunjukan tari dan lagu  “Lancang Kuning”. Ditayangkan pula bagaimana tradisi lebaran Bara’an di daerah Bengkalis.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button