Headline News

Pesona Labuan Bajo, Destinasi Wisata Indonesia Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Labuan Bajo merupakan salah satu objek wisata di Indonesia yang populer dan menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia. Labuan Bajo memiliki pesona alam yang luar biasa indah, sehingga wisatawan akan mendapatkan pengalaman mengesankan ketika berlibur ke Labuan Bajo.

Labuan Bajo terletak di Indonesia bagian timur atau tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan dipisahkan oleh Selat Sape.

Secara historis, Labuan Bajo bermula dari kata “labuhan” yang berarti desa yang dijadikan tempat untuk berlabuh bagi orang-orang yang berasal dari dari Bajo dan Bugis Sulawesi Selatan. Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan empat strategi pengembangan lahan otorita Labuan Bajo dikategorikan menjadi:

1. Cultural: mengangkat keunikan dan keragaman budaya Flores sebagai daya tarik wisata.

2. Leisure & Entertainment: menjadi destinasi yang menyediakan berbagai aktivitas hiburan dan self-treatment.

3. Adventure: memberikan wisata petualangan dan berbagai kegiatan alam yang unik dan berbeda.

4. Wild Life: menjaga ekosistem kehidupan alam liar agar bisa berjalan beriringan dan menjadi daya tarik wisata.

Salah Satu Destinasi Terbaik di IndonesiaBagi kamu yang menyukai suasana sunset, maka wajib datang ke Labuan Bajo. Kamu akan merasakan suasana yang romantis dan hangat ketika melihat pemandangan alam di Labuan Bajo. Beberapa titik yang bisa kamu datangi untuk melihat sunset seperti di Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia.

Selain itu, bagi kamu yang gemar berpetualangan, kamu bisa mencoba trekking singkat ke Air Terjun Cunca Wulang. Tak ketinggalan untuk mencoba tinggal di kapal pinisi selama beberapa harri sambil mengunjungi pulau-pulau, serta menyelam melihat keindahan bawah laut Labuan Bajo.

Wajib ke Taman Nasional Komodo

Sumber: indonesia.travel

Ketika pergi ke Labuan Bajo, kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo. Seperti diketahui, Taman Nasional Komodo terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 yang terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau lain di sekitarnya.

Komodo (Varanus komodoensis) merupakan kadal raksasa di dunia yang pertama kali diliput dalam jurnal ilmiah tahun 1912. Jurnal tersebut ditulis oleh Pieter Antonie Ouwens, Direktur Museum Zoologi Bogor. 

Spot Foto Terbaik

Sumber Foto: Jurnalflores/authentic.indonesia.com

Di Labuan Bajo, kamu akan menemukan pulau-pulau yang mempunyai spot terbaik untuk berfoto yang wajib didatangi. Seperti di Pulau Padar dengan pulaunya yang berbentuk perbukitan, sehingga kamu dapat melihat hamparan laut yang memanjakan mata.

Selain itu, juga ada Pulau Kelor yang memiliki pasir lembut, air lautnya yang jernih, serta terumbu karangnya yang memesona. Meski tidak berpenghuni, namun pulau ini kerap didatangi wisatawan untuk snorkeling ataupun free dive.

Spot lain di Labuan Bajo ada Pink Beach atau Pantai Merah oleh masyarakat lokal. Seperti diketahui, Pink Beach masuk dalam daftar 20 pantai terbaik di dunia versi Lonely Planet. Warna pantai ini berasal dari organ karang pipa merah di dalam laut yang telah terurai di lepas pantai selama ratusan tahun dan bercampur dengan butiran pisir putih yang halus.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button