AccommodationBusiness

PHRI Riau Menghimbau Pemerintah Kota Melakukan Moratorium Perizinan Hotel

Riau sedang mengalami over room, yang dimaksud adalah jumlah kamar jauh melebihi jumlah tamu yang menginap. Karenanya PHRI menghimbau Pemkot untuk melakukan moratorium perizinan hotel.

Ketua PHRI Riau, Ondi Sukmara pada Senin 17 Juli 2017 mengatakan bahwa saat ini kondisi bisnis perhotelan di Pekanbaru dan Riau sedang menurun terkait tingkat okupansi, malah cenderung over room atau jumlah ruangan jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah tamu yang menginap.

Sayangnya, Pemkot Pekanbaru kerap membuka pengurusan perizinan mendirikan hotel di Pekanbaru. Hal ini jadi membuat kondisi bisnis perhotelan semakin sulit.

“Di satu sisi, munculnya hotel hotel baru di Pekanbaru relatif membantu pemerintah denhan mengurangi tingkat pengangguran dengan terciptanya banyak peluang kerja. Di sisi lain, dengan kodisi low season yang berkepanjangan berdampak pada tenaga kerja juga. Karena tidak tertutup kemungkinan adanya PHK atau hotel yang tutup karena biaya operasional tidak sebanding dengan pemasukan,” ungkap Sukmara.

Disinggung mengenai upaya pemerintah menyikapi hal ini, Ondi menjelaskan bahwa perlu adanya moratorium agar pemerintah tidak lagi melakukan penerbitan izin perhotelan. Yang berarti akan melakukan pembatasan terhadap munculnya hotel baru.

“Selain itu, pemerintah juga perlu memperbanyak event nasional maupun internasional di Pekanbaru atau Riau umumnya. Tujuannya agar banyak tamu ataupun wisatawan berkunjung ke Riau,” ujar Sukmara.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button