Polda Jabar Akan Patuh pada Putusan Pengadilan dalam Kasus Praperadilan Pegi Setiawan

0

Tim Bidang Hukum Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan kesiapannya untuk mematuhi putusan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung yang mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan. Akibat putusan ini, Pegi Setiawan akan segera dibebaskan dari tahanan.

Kepala Bidang Hukum (Kabidkum) Polda Jawa Barat, Kombes Nurhadi Handayani, menyatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti putusan tersebut dengan berkoordinasi bersama tim penyidik. “Kami akan mematuhi putusan hukum yang telah dibacakan oleh hakim. Penyidik akan menindaklanjuti apa yang telah diputuskan,” ujar Nurhadi usai sidang pada Senin, 8 Juli 2024.

Menurut Kombes Nurhadi, proses pembebasan Pegi Setiawan dari tahanan akan dilakukan secepatnya oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat. Penyidikan terhadap Pegi terkait kasus pembunuhan Vina dan Rizky di Cirebon pada tahun 2016 juga akan dihentikan. “Kami akan segera melakukan pembebasan Pegi Setiawan sesuai dengan putusan hakim. Penyidikan kasus ini juga akan dihentikan,” jelasnya.

Nurhadi juga menambahkan bahwa putusan hakim tidak menyebutkan adanya kewajiban ganti rugi kepada Pegi Setiawan. “Putusan hanya menyebutkan penghentian penyidikan dan pembebasan segera. Kami akan mematuhi apa yang disampaikan oleh hakim,” tegas Nurhadi.

Terkait langkah hukum selanjutnya, Nurhadi mengatakan bahwa pihaknya belum dapat mengungkapkan detailnya. “Kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan tim penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Barat untuk membahas langkah-langkah selanjutnya,” kata dia.

Sebelumnya, Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Bandung memutuskan untuk mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan oleh tim kuasa hukum Pegi Setiawan. Dalam putusannya, hakim menyatakan bahwa status Pegi Setiawan sebagai tersangka dibatalkan demi hukum. Putusan ini menjadi dasar bagi pembebasan Pegi Setiawan dan penghentian penyidikan kasusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *